Korban Gempa di Taiwan Bertambah Jadi 7 Orang Tewas dan 177 Hilang!

0
729
Gempa Taiwan
Copyright©Reuters

Gempa Taiwan Setidaknya Menyebabkan Lima Gedung Besar Runtuh

Indowarta.com – Gempa berkekuatan 6,0 skala richter (SR) telah mengguncang kawasan Hualien, Taiwan, pada Rabu (7/2/18), sekitar pukul 11.50 waktu setempat. Dalam kejadian ini setidaknya sudah menelan 7 orang meninggal dunia, 254 orang luka-luka, dan 177 orang hilang.

BACA JUGA : Begini Kondisi 5 Daerah Korban Gempa Semalam!

Dilansir dari media lokal Taiwan News, gempa Taiwan ini berpusat di 18,3 kilometer (KM) dari timur laut Hulein dengan kedalaman mencapai 20 km, sedangkan durasinya hingga 70 detik. Dikhawatirkan jika korban dalam kejadian ini bertambah, pasalnya pada saat kejadian banyak warga yang sedang tertidur lelap.

Diduga sementara sejumlah orang yang masih dikabarkan hilang berada di reruntuhan bangunan yang sudah ambruk. Dari total 177 orang yang hilang, diyakini bahwa ada 147 yang terjebak dalam sebuah gedung apartemen lantai 12 Yun Tsui, yang diketahui sudah runtuh secara persial dan kondisinya sekarang ini miring hingga 45 derajat.

Sedangkan untuk tiga lantai pertama di gedung 11 latai Marshal Hotel juga telah runtuh usai gempa Taiwan ini mengguncang. Sampai sekarang ini, dua staf font desk yang bekerja untuk Marshal Hotel masih dinyatakan hilang setelah kejadian.

Gempa Taiwan,
Copyright©AFP

Berdasarkan laporan dari Pusat Operasi Darurat Taiwan, diyakini ada 24 orang yang masih tertimbun bangunan gedung Guosheng 65th Street Building. Hingga pagi kemarin, gempa Taiwan susulan juga terjadi sebanyak 14 kali dan kecil 104 kali.

BACA JUGA : Satu Korban Tewas Karena Ledakan di Sebuah Stasiun di Swedia!

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yang tiba di Yun Tsui sekitar pukul 09.35, pihaknya mengkoordinasi untuk upaya penyelematan dan evakuasi para korban. Pasca gempa Taiwan ini setidaknya ada lima gedung besar dan dua jembatan di kawasan tersebut sudah runtuh.

Tidak hanya itu, sejumlah jalan tol dilakukan penutupan sementara, sedangkan beberapa bagian jalan raya terlihat mengalami retakan akibat getaran gempa Taiwan ini, dan sejumlah aliran listrik di terputus.

Lima bangunan yang telah runtuh pasca gempa Taiwan ini adalah Guosheng 1st Street Building A, Guan Hotpot Building, Marshal Hotel, Parkview Hotel, dan Guosheng 6th Street Building. Masih belum diketahui berapa jumlah korban yang terjebak dalam reruntuhan bangunan tersebut.

BACA JUGA : Benarkah Supermoon 30 Januari Besok Akan Picu Gempa Besar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here