Kemendikbud Tegaskan Pesan Berantai Larangan Mobile Legends Adalah HOAX!

0
2331
Mobile Legend
Copyright©utdstc

Kemendikbud Menyampaikan Pesan Berantai Adanya Larangan 16 Game, Yang Salah Satunya Mobile Legends Adalah Informasi Hoax

Indowarta.com – Beberapa waktu belakangan ini di grub obrolan pesan singkat ramai mengirimkan pesan berantai terkait dengan sejumlah game yang berbahaya untuk anak-anak. Salah satu game yang masuk dalam daftar di dalam pesan tersebut adalah Mobile Legends.

BACA JUGA : Awas, , Sebarkan Hoax Soal Pilkada 2018, Akun Media Sosial Anda Bisa Ditutup!

Pesan berantai yang sudah mulai tersebar belakangan ini, seakan-akan merupakan informasi yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lewat kanal Sahabat Keluarga.

Akan tetapi pada saat dikonfirmasi megenai hal itu, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ari Santoso mengatakan, bahwa perantai yang berisikan daftar larangan game untuk anak-anak itu tidak dikeluarkan oleh Kemendikbud.

“Itu info lama, tahun 2015-an, coba dibuka link-nya bisa tidak,” kata dia, Rabu (7/2/18).

Memang benar terjadi, pada saat tautan yang dicantumkan dalam pesan berantai itu diklik, maka tidak akan mengarah kepada artikel yang dimaksudkan. “Itu bisanya ‘orang’ menambahkan sesuatu yang sudah tidak ada (link tak bisa dibuka), yang jelas itu kan hoax. Kalau di alamat situs tidak ada jelas bahwa itu semua hoax,” ungkap Ari.

cheat mobile legends
Copyright ©techno okezone

Sebelumnya diketahui, ada pesan berantai yang menyebutkan bahwa Kemendikbud melalui kanal Sahabat Keluarga menginformasikan mengenai 16 game yang dinilai berhabaya dimaikan oleh anak-anak. Dalam pesan tersebut juga di cantumkan tautan artikel yang dimaksud.

BACA JUGA : Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bermain Mobile Legends!

Sekedar untuk informasi, pesan berantai seperti ini bukan pertama kali terjadi di sejumlah aplikasi pesan instan. Sebelumnya pesan dengan berisikan informasi sama juga sempat beredar. Namun yang menjadi pembeda, pada pesan sebelumnya hanya mencantumkan 15 game.

Sedangkan untuk pesan berantai beberapa waktu ini telah menyebutkan 16 game paling berbahaya untuk anak-anak, dan kedua pesan itu menyebutkan daftar game seperti Mobile Legends dan beberapa judul game lainnya.

Bahkan dalam pesan hoax tersebut juga mencantumkan tautan, yang seolah-olah informasi itu dari Kemendikbud. Namun pada nyatanya ketika di klik tautan tersebut tidak menjurus pada keterangan yang dimaksud.

BACA JUGA : Dinilai Menyesatkan, FB Lakukan Pemblokiran Iklan Bitcoin Dkk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here