Setya Novanto, Megawati Sampai dengan Prabowo Disebut Sebagai Politisi Terpegah!

0
375
Setya Novanto
Copyright ©tirto

Sejumlah Politisi Terpegah Sejak Januari 2018

Indowarta.com – Di tahun 2018 ini akan menjadi tahun politik di Indonesia, pasalnya akan diselenggarakan Pilkada serentak di 171 daerah di Tanah Air. Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan, Pilkada untuk tingkat Provinsi merupakan salah satu tema politik yang marik para media.

BACA JUGA : Megawati, SBY Sampai Prabowo Jadi Juru Kampanye di Pilgub Jabar!

“Proses politik yang mengiringinya kerap menjadi sorotan media. Sebagai sebuah peristiwa politik, perbincangan tentang pilkada di media sulit dipisahkan dari posisi tokoh politik,” kata Rustika, Kamis (8/2/18).

I2 telah merilis sejumlah nama terpegah (paling banyak diberitakan media) dan tervokal (paling banyak dikutib media). Nama-nama tersebut telah diambil dari seluruh pemberitaan online di Indonesia sepanjang Januari 2018, dengan jumlah mencapai 729.710 berita dari 1.123 media online.

“Tokoh politik atau politisi di dalam kategori ini adalah politisi yang menjadi legislator di Senayan ataupun menjabat pimpinan parpol,” ungkapnya.

Rustika mengatakan, Setya Novanto berada di puncak sebagai politisi yang paling banyak diberitakan dalam kurun waktu Januari 2018 ini. Sudah terdapat 10.554 berita dan 463 media online yang sudah telah memberitakan Setya Novanto.

“Ini yang menyebabkan framing media dengan sentimen negatif terhadap Setya Novanto mencapai 40 persen,” ujar Rustika.

megawati
Copyright©viva

Untuk posisi kedua ditempai oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namanya kerap kali disebutkan dalam media khususnya jelang Pilkada serentak 2018 ini, lantaran telah menentukan beberapa kadidat yang akan diusung. Menurut Rustika, media menempatkan Megawati sebagai tokoh politik ‘penentu’ untuk Pilkada.

BACA JUGA : Setya Novanto Akan Jalani Sidang Kasus E KTP Hari Ini!

“Topik tentang hubungan antara Ketua Umum PDI-P ini dan pencalonan kandidat gubernur menjadi perbincangan di media. Mega diberitakan 5.770 berita dari 517 media online,” paparnya.

Prabowo
Copyrigth©Tribunnews

Sedangkan untuk posisi terpegah ketiga ditempai oleh Prabowo Subianto. Ketua Umum Partai Gerindra ini kaitkan dengan penentu nama-nama kadidat. Sampai pada bulan Januari 2018 ini, namanya sudah disebutkan dalam 4.360 berita dengan framing netral dan positif.

Sedangkan untuk tujuh nama tokoh tepegah lainnya, yaitu Oesman Sapta Odang (4.217 berita), Zulkifli Hasan (3.553 berita), Bambang Soesatyo (3.544 berita), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (3.266 berita), Hasto Kristiyanto (2.483 berita), Fadli Zon (1.638 berita), dan Sarifuddin Sudding (1.626 berita).

“Dilihat dari asal parpol, PDI-P, Golkar, Gerindra, dan Hanura memiliki dua kader yang paling banyak diberitakan media. Sementara PAN dan Demokrat masing-masing satu kader,” kata rustika.

BACA JUGA : 9 Program Unggulan yang Diusung Gus Ipul dan Puti Untuk Pilgub Jatim!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here