Isu PHK Massal di Indosat Ooredoo!

0
169
Indosat Ooredoo,
Copyright ©CNNIndonesia

Kabar PHK Massal Akan Dilakukan Indosat Ooredoo

Indowarta.com – Usai XL Axiata diterpa isu pemutusan hubungan kerja (PHK) massal beberapa waktu lalu, sekarang ini kabar tersebut melanda Indosat Ooredoo. Kurang lebih ada 500 karyawan yang melakukan aksi unjuk rasa di depan halaman kantor pusat perusahaan, hal ini dilakukan untuk memprotes adanya rencana PHK massal, Kamis (8/2/18).

BACA JUGA : Kerjasama Dengan Indosat, AirAsia Jadi Maskapai Pertama Indonesia Sediakan WiFi di Penerbangan Murah!

Ketua Umum Serikat Pekerja Indosat Ooredoo, Azwani Dadeh mengatakan isu PHK yang sudah massa tolak bukan merupakan isapan jempol saja. Dia menilai bahwa kabar tersebut kurang didengarkan oleh publik karena berlangsung dengan tidak adanya ‘suara’.

“Jadi kalau bilangnya enggak ada PHK massal, ini sebenarnya PHK terselubung dan smooth,” kata Azwani, Kamis (8/2/18).

Dia melihat kembali pada saat retrukturisasi dari manajemen Indosat Ooredoo yang telah mewajibkan sejumlah karyawan di divisi IT untuk bergeser ke divisi sales dan marketing. Padahal jika melihat dari kualifikasi keahliannya cukup berbeda jauh.

Oleh karena itu adanya anggapan kalau perusahaan tersebut akan memberikan ancaman memberhentikan karyawannya, jika karyawan yang telah digeser itu tidak dapat memenuhi target yang ditetapkan.

Indosat Ooredoo
Copyright ©Okezone

“Sejauh ini belum ada yang kena (PHK), tapi sudah ada yang ditawarkan. Mereka dihantui kalau tidak tercapai target akan di-PHK,” jelasnya.

BACA JUGA : Internet 4G Bakalan Lebih Kencang, Telkomsel Jamin Tarif Tak Akan Naik!

Azwani memiliki pendapat bahwa restrukturisasi, khususnya pada rencana melakukan PHK merupakan hal yang tidak masuk akal. Padahal disaat yang bersamaan ada menurutnya ada hal lain yang sudah memberatkan perusahaan, yaitu mengenai upah tenaga kerja asing (TKA) yang besar.

“Keberadaan expat berpengaruh pada cost perusahaan,” ujar dia.

Sedangkan Sekretaris Jenderal Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia, Sabda Pranawa Djati mengatakan, pihaknya sudah menerima aduan terkait rencana PHK massal yang akan dilakukan oleh pihak Indosat Ooredoo.

Dia menyebutkan bahwa saat ini ada sekitar 200 karyawan yang posisinya terancam. Aduan tersebut adalah menerima tawaran pengsiun dini atau bersedia untuk menerima resiko digeser ke posisi lainnya seperti yang sudah ungkapkan oleh Azwani tadi.

Sabda mangaku sudah menyampaikan aduan mengenai rencana PHK massal dari Indosat Ooredoo kepada Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Hani Dhakiri pada Selasa (6/2/18). Mereka telah berjanji akan mengerahkan anggota federasi serikat pekerja jika pihak manajemen tetap mengambil keputusan tersebut.

BACA JUGA : Bulan Depan, Smartfren Berikan Diskon Spesial Ponsel Andromax!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here