WhatsApp Kini Mulai Bisa Digunakan Untuk Kirim Uang Lho!

0
164
WhatsApp
Copyright©VOIndonesia

Fitur Baru Dihadirkan WhatsApp Untuk Transaksi Uang

Indowarta.com – Selain memberikan layanan pesan singkat, sekarang ini WhatsApp sudah menyediakan fitur pembayaran digital. Fitur tersebut mengambil nama “WhatsApp Payments”, yang sekarang ini masih dalam tahap uji coba di India, kepada para pengguna yang bergabung dalam program beta.

BACA JUGA : Prestasi WhatsApp Sudah Berhasil Lampaui Messenger dan Instagram!

Beredarnya kabar mengenai kehadiran dari fitur ini memang sudah mulai menyebar beberapa waktu lalu. Seperti bocoran dari sumber dalam, WhatsApp dikatakan akan meluncurkan fitur pembayaran digital pada Februari 2019 ini.

Sedangkan untuk mekanisme WhatsApp Payments telah menggunakan mekanisme sistem Unifed Payments Interface (UPI). Dengan antarmuka, pembayaran itu memberikan fasilitas untuk transaksi antara bank di India, seperti HDFC Bank, State Bank of India, Axis Bank, dan ICICI Bank.

Sejak Juli 2017 lalu, WhatsApp sudah menerima izin UPI dari pihak pemerintah India. Proses pengembangan fitur ini yang memakan waktu kurang lebih selama setengah tahun akhirnya mendapatkan hasil.

WhatsApp
Copyright ©Huffington Post

Untuk sementara ini, WhatsApp Paiyments masih memungkinkan untuk digunakan para penggunanya sebagai transaksi duit atau peer-to-peer. Sehingga pengguna masih belum dapat melakukan transaksi kepada merchant pihak ketiga.

BACA JUGA : iPhone Meledak Lagi dan Kobarkan Api!

Lalu bagaimana cara melakukan transaksi dengan WhatsApp Payments? Langkah pertama, kedua pengguna yang akan melakukan transaksi harus mengikuti program beta, serta melakukan pembaruan untuk aplikasi WhatsApp di Android ataupun iOS.

Untuk melakukan pengiriman uang, pengguna cukup memilih ikon ‘attachment’ yang dapat diklik saat akan mengirimkan pesan, media, lokasi dan lain-lain. Seperti yang dikutib dari Digit.in, Senin (22/2/18), pengguna nantinya akan dihadakan pada opso ‘payments’.

Sedangkan pengguna yang akan melakukan pengiriman uang pilih akun bank anda dan penerima. Langkah berikutnya masukkan nominal uang yang akan dikirim dan pin UPI. Kemudian uang tersebut akan dikirimkan secara virtual .

Pada saat melakukan transaksi pertama, pengguna nanti akan dihadapkan pada verifikasi nomor seluler yang sudah tercantum pada akun bank pengguna via UPI. Jika saja pengguna masih belum memiliki akun UPI, maka WhatsApp sudah menyediakan untuk pembuatan akun tersebut.

BACA JUGA : Alasan Apple Depak Telegram dari App Store!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here