Gaji PNS 2018 Belum Ada Rencana Naik, Tapi THR Akan Naik?

    0
    818
    PNS
    Copyright ©liputan6

    Pemerintah Masih Belum Berencana Untuk Menaikkan Gaji PNS di Tahun 2018

    Indowarta.com – Pemerintah masih belum merencanakan adanya kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2018 ini. Terakhir kali gaji PNS 2018 mengelami kenaikan di tahun 2015 lalu, kenaikan tersebut sebesar 6 persen dari sebelumnya.

    BACA JUGA : Lowongan CPNS 2018, Jumlah Formasi yang Ditawarkan Jauh Lebih Banyak Ketimbang 2017!

    Direktur Kompensasi Aparatur Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aswin Eka Adhi mengungkapkan, adanya penyusunan mengenai gaji PNS 2018 ini akan didasarkan dengan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018.

    “Sebagai kompensasinya, PNS diberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar gaji pokok yang diatur dalam Undang-undang Nomor 15 Tahun 2017 tentang APBN 2018 dan Nota Keuangan APBN 2018,” kata Aswin seperti dikutip dari laman resmi BKN, Selasa (13/2/18).

    Mengenai gaji PNS 2018 ini, masih teringat apa yang sudah dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur pada akhir tahun 2016 lalu. Ia mengatakan bahwa gaji para PNS tidak boleh kalah dengan para pegawai swasta.

    CPNS
    Copyright ©hendra-skb.blogspot

    “Gaji PNS tidak boleh kalah dengan gaji pegawai swasta, ini yang sedang saya hitung sekarang,” ujar Asman di Ambon, Senin (5/12/16) lalu.

    BACA JUGA : Mekanisme Gaji PNS Dipotong Untuk Zakat!

    Menurutnya walau PNS sudah melakukan pekerjaan lebur sampai tengah malam, mereka tidak pernah memperoleh bayaran. Dia menilai seharusnya para pegawai yang sudah bekerja lebur harus dihitung jam lemburnya.

    “Ada yang lembur sampai pukul 22.00 tidak dihitung. Kalau sampai malam cuma dikasih martabak oleh kepala dinasnya, tidak boleh lagi ada kejadian seperti itu. Kalau lembur tiga jam hitungnya berapa, empat jam berapa,” pungkasnya.

    Dia mengaku bahwa kondisi tersebut masih terjadi, sehingga pihaknya akan membenahi adangan kondisi ini. Menurutnya adanya peningkatan kerja para pegawai semestinya dapat diimbangi dengan cara yang profesional.

    “Kebetulan saya ini asalnya dari swasta, dari pedagang, jadi saya merasakan betul kalau kerja begini bagimana kita mau profesioal, tuntut kerja tinggi tetapi tidak dihitung lemburnya,” paparnya.

    BACA JUGA : Bocoran Struktur Gaji PNS yang Baru Menurut Menpan RB!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here