Akibat Erupsi Gunung Bromo Warga Kekurangan Air Bersih- Bantuan Belum Mengalir !!!

0
776
Gunung Bromo

Akibat Erupsi Gunung Bromo Warga Kekurangan Air Bersih- Bantuan Belum Mengalir !!!

Indowarta.comGunung Bromo yang terletak di Kabupaten Probolinggo telah emngeluarkan letusan sebnyak tiga Kali. Akibat dari letusan ini, Warga yang tinggal di kawasan Probolinggo dan sekitarnya diguur Abu vulkanik. Warga juga kwatir jika Abu Vulkanik yang terbawa angina itu akan berdampak pada tanaman sayuran yang akan segera di panen ini.

Berdasarkan hasil dari pengamatan Pusa Vulkanologi metigasi dan bencana Geologi di Pos Pantau Gunung Bromo, suara dan dentuman kuat terus saja terdengar di sekitar Kawah Gunung Bromo.

Asap Putih yang menggunggum tinggi sampai 900 meter dari puncak Kawah terlihat mengarah kea rah timur laut di kawasan desa Ngadisari, Wonokerso dan Lodek Ombo.

Pada letusan Bromo sebelumnya, warga mengalami gagal panen. Bila abu vulkanik erupsi Gunung Bromo kembali membunuh tanaman mereka, warga mengaku pasrah. Apalagi, seluruh tabungan mereka sudah habis untuk modal tanam yang ke dua ini.

Sementara itu, akibat dari Letusan Gunung Bromo tersebut, warga yang terkena dampak Abu Vulkanik gunung Bromo saat ini belum mendapatkan bantuan.

Gunung Bromo-

Mereka adalah Penduduk di desa Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang masuk dalam kawasan ring satu yang rawan akan bencana Erupsi Gunung Bromo.

Salah seorang warga dea Ngadirejo yang bernama Soyo mengatakan bahwa bantuan bantuan pernah dikirim ke desa mereka berupa Sembako, namun bantua tersebut hanya diberikan kepada orang yang berusia lanjut. Padahal sekitar 1.200 lebih warga desa tempat ia tinggal juga membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Warga desa hanya berusaha menyelamatkan tanaman kebun mereka agar tidak mati dengan cara menyiram tanaman tersebut dan juga berharap abu vulkanis tidak menempel ke sayuran selain mengandalkan guyuran hujan..

Ini juga ditambah dengan air bersih yang berada di Sekitar Gunung Bromo mati akibat pipa mata air tertutup oleh Abu Vulkanik. . Sudah sejak dua hari, kawasan desa tersebut terkena abu vulkanis erupsi Gunung Bromo akibat hembusan angin.

baca juga : Berita Terkini: Erupsi Bromo Sebabkan Pemadaman Listrik Belasan Desa !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here