Obat Batuk Sirup Tak Benar-benar Sembuhkan Batuk?

0
263
Obat Batuk Sirup
Copyright©net

Obat Batuk Sirup Hanya Mengurangi Rasa Ingin Batuk

Indowarta.com – Mungkin anda pernah mengalami batuk yang tidak sembuh-sembuh meski sudah minum obat batuk sirup atau lainnya, mungkin hal tersebut dikarenakan adanya efek plasebo. Hal itu karena penggunaan obat batuk tersebut tidak benar-benar dapat menyembuhkannya.

BACA JUGA : Cara Mengobati Batuk Ketika Hamil!

Belum lama ini, penemuan yang sudah dilakukan oleh American Chemical Society menyatakan bahwa tidak ada bukti bahwa obat batuk sirup benar-benar dapat menyembuhkan penyakit umum ini. Seperti dilansir dari Prevention, Selasa (13/2/18), obat batuk itu hanya dapat mengurangi rasa ingin batuk dan membuat penderitanya cepat tidur.

“Tidak ada bahan aktif dalam obat batuk sirup,” ungkap Mantan Presiden American College of Chest Physicians, Mark J Rosen.

Dia mengatakan bahwa obat batuk sirup hanya mampu untuk melapisi tenggorokan, selain itu akan dapat membuat pasiennya lebih merasa nyaman agar tidak batuk-batuk terus. Lapisan yang sudah diciptakan itu memungkinkan untuk menghilangkan sejumlah iritasi yang disebabkan oleh batuk dan dapat menenangkan keluarnya batuk.

Batuk Berdahak
Copyright©kumpulanpenyakit

Yang dapat membantu untuk melapisi tenggorokan saat batuk itu adalah zat pemanis dan bahan pengental yang terdapat dalam obat batuk sirup. Mark menilai, dengan meminum teh dengan dicampurkan madu juga akan menimbulkan efek yang sama.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Jeruk Nipis dan Madu!

“Selain itu, harganya lebih murah (ketimbang obat batuk sirup),” ungkap Mark.

Dia menjelaskan, bahwa batuk yang sedang dialami seseorang merupakan sebuah bentuk pertahanan diri. “Batuk membuat material yang seharusnya tidak ada di sana, keluar dari paru-paru kita,” paparnya.

Material yang dimaksud, kata Mark, adalah debu yang bercampur dengan udara dan kemudian dihirup oleh manusia saat sedang bersih-bersih, ataupun asap yang sudah dihirup saat dipinggir jalan, atau adanya lendir.

“Kita batuk untuk melindungi paru-paru kita,” jelas Rosen. Meski hal itu menurutnya adalah kondisi yang sangat menggagu seseorang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Penggunaan obat batuk sirup, kata Mark, tidak selalu aman. Jika anda sudah merasa cocok dan kedepannya dapat menggunakannya kembali. Hanya saja harus sesuai dengan dosis yang sudah tercantum dan tidak mengkombinasikannya dengan obat lainnya.

BACA JUGA : Penanganan Berbeda yang Harus Dilakukan Untuk Batuk Berdahak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here