Ditahan KPK, Ini Kekayaan Bupati Subang Imas Aryumningsih yang Capai Rp 50 Miliar!

0
962
Bupati Subang Imas
Copyright©Tempo

Harta Kekayaan Milik Bupati Subang Mencapai Rp 50 Miliar

Indowarta.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada Bupati Subang Imas Aryumningsih dan beberapa pihak yang terkait lainnya. Ternyata, Imas memiliki harta kekayaan yang mencapai puluhan miliar rupiah.

BACA JUGA : Bupati Halmahera Timur Rudi Irawan Ditahan KPK?

Dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang sebelumnya dilaporkan Imas kepada KPK, dia tercatat memiliki harta kekayaan yang mencapai Rp 50.954.748.740 atau lebih dari Rp 50 miliar.

Jumlah tersebut merupakan kekayaan yang sudah dilaporkan oleh Bupati Subang ini pada tanggal 26 September 2016 lalu, yang terdiri dari harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan dengan total mencapai Rp 47.953.240.000.

WAJIB BACA :  Hanya Satu Mata, Novel Baswedan Tak Akan Menyerah Perangi Korupsi!

Sedangkan untuk harta bergerak, seperti alat transportasi dan beberapa mesin, dia tercatat memiliki kekayaan dengan total Rp 740.000.000. Diantaranya adalah mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2012 yang merupakan hasilnya sendiri mencapai Rp 420.000.000.

Selain itu, harta kekayaan lainnya yaitu berupa logam mulia yang memiliki nilai Rp 597.600.900. Untuk nilai giro dan setara kas, Bupati Subang ini mempunyai kekayaan mencapai Rp 1.663.907.438.

Bupati Subang
Copyright©foto- Subang.go.id

Seluruh kekayaan yang dimiliki Imas senilai Rp 50.954.748.3338 yang diketahui terakhir dilaporkan tersebut sudah mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya. Dalam laporan yang diserahkannya pada tanggal 26 Agustus 2014 lalu, harta kekayaannya Rp 57.807.338.338.

BACA JUGA : KPK Beri Ultimatum Pada Kemendagri, Soal Apa?

Disamping itu, Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan mengatakan bahwa para pelaku suap Bupati Subang sudah menggunakan kode untuk melakukan transaksi. Para pelaku melakukan komunikasi dengan memakai istilah “Itunya” yang merujuk pada uang yang akan diserahkan.

WAJIB BACA :  Kenapa Polisi Belum Tangkap Pelaku Penyerang Novel Baswedan?

“Dalam komunikasi pihak-pihak terkait dalam kasus ini, digunakan kode ‘itunya’ yang menunjuk pada uang yang akan diserahkan,” ujar Basaria saat jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (14/2/18).

Selain menetapkan Imas sebagai tersangka, KPK saat ini sudah menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka dalam kasus suap ini, mereka adalah pengusaha Miftahhudin (MTH), pihak swasta Data (D), dan Kabid Perizinan DPM PTSP Pemkab Subang.

Miftahhudin ditetapkan sebagai tersangka karena diduga sudah memberikan suap kepada Imas, Asep dan Data. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan izin prinsip dalam pembuatan pabrik atau tempat usah yang ada di Subang.

BACA JUGA : Harta Kekayaan Bupati Ngada Marianus Sae yang Terjerat OTT KPK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here