Berita Hari Ini: Gunung Dukono Keluarkan Abu Vulkanis Tipis- Gempa Guncang Ambon 3,5 SR !!

0
561
gunung dukono
[email protected]

Berita Hari Ini: Gunung Dukono Keluarkan Abu Vulkanis Tipis- Gempa Guncang Ambon 3,5 SR !!

Indowarta.comGunung Dokono Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara pagi tadi mengeluarkan abu Vulkanis yang tingginya mencapai 1.500 meter lalu bergerak kea rah utara dan timur laut. Kepala Pos Pengamat Gunung Dukono, Iwan Amat mengatakan bahwa  abu Vulkanis tersebut mengarah ke Kota Tobelo.

Aktivitas kegempaan Gunung Dukono didomisili oleh Gempa Tremor dengan amplitudo 0,5 hingga 24 Milimeter. Setiap saat terdengar suara begemuruh dan dentuman dari kawasan Dukono.

Ia juga menambahkan bahwa sejak adanya peningkatan Aktivitas sejak tahun lalu, pada tahun ini cenderung Fluktuatif bila dilihat dari data seismograf.

Meski gunung Dukono masih berstatus Waspada, Masyarakat juga dihimbau untuk tidak mendekati area Kawah.2 Kilometer dari puncak gunung adalah batas Aman bagi masyarakat. Masyarakat jua dianjurkan agar memakai Masker saat beraktivitas.

Debu terpantau tertiup angin mengarah Selatan dan jatuh di bagian Barat Kota Tobelo, Ibu Kota Halmahera Utara. Semburan dari Vulkanik Dukono juga sempat terganggu aktifitas penerbangan di bandara Gamar Malamo, Kecamatan Galela.

Copyright@okezone.com
[email protected]

Petugas Bandara Gamar Malamo yang bernama Jamber Fajar Santana mengatakan bahwa Bandara Sempat ditutup lantaran Abu Vulkanik mengganggu aktivitas penerbangan. Akan tetapi minggu kemarin bandara dibuka lagi karena debu kebanyakan mengarah ke selatan yang jauh dari bandara.

Sementara itu sejumlah warga yang berada di kaki gunung Dukono mengaku sudah terbiasa dengan erupsi gunung, yang sering mengeluarkan debu dan jatuh di pemukiman Warga sekitar.

Masyarakat juga mengaku bahwa Selama ini pemerintah juga tidak pernah membagikan Masker kepada Warga. Sehingga untuk keluar rumah, Warga terpaksa menggunakan Kain seadanya untuk menutupi agar tidak menghirup debu.

Sementara itu, Ambon juga tengah diguncang oleh Gempa yang berkekuatan 3,5 skala Richter yang mengguncang pada 14 Februari pukul 23.33 WIB.

Menurut BMKG, lokasi gempa berada di 3.81 Lintang Selatan – 128.33 Bujur Timur, berada di kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di laut 22 Kilometer tenggara Ambon. Gempa ini tidak memicu timbulnya Tsunami. Sejauh ini masih belum ada laporan kerusakan dan korban Jiwa akibat Gempa yang mengguncang Ambon Tersebut.

baca juga :Akibat Erupsi Gunung Bromo Warga Kekurangan Air Bersih- Bantuan Belum Mengalir !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here