Tanda-tanda Serangan Jantung yang Sering Disepelekan!

0
379
serangan jantung

Gejala Serangan Jantung Yang Perlu Kamu Ketahui

Indowarta.com – Salah satu penyakit yang sangat ditakuti orang adalah serangan jantung. Namun banyak dari penderita yang sudah melakukan pemeriksaan ke dokter ketika penyakit tersebut sudah mulai parah. Hal itu disebabkan karena kurang tahunya masyarakat mengenai  gejala yang ditimbulkan dari masalah kesehatan ini.

BACA JUGA : Mengenal Penyakit Hati NAFLD yang Merupakan Komplikasi dari Diabetes!

Seperti halnya yang sudah diungkapkan oleh dokter jantung dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA atau sering disapa dr Ayu. Dia menjelaskan bahwa gejala serangan jantung sangat identik dengan adanya tekanan dan nyeri yang dirasakan di dada.

Biasanya rasa nyeri dan tekanan di dada itu akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Bahkan penderitanya akan merasakan gejala tersebut selama 30 menit. Dia mengibaratkan bahwa kindisi tersebut akan terasa dada seperti tertindih benda berat.

“Jadi kalau serangan jantung itu kita rasanya dadanya berat seperti ditindih gajah dan itu biasanya durasinya cukup lama lebih dari 5 menit, 10 menit, biasanya sampai setengah jam,” jelas dr Ayu melalui video Bincang Sehat.

penyakit Jantung
Copyright ©matarakyatnews

Selain itu, kepada pasien serangan jantung, rasa nyeri yang dirasakan di bagian dada itu akan muncul disertai dengan adanya banyak keringat yang keluar. Bahkan rasa nyeri ini juga dapat menjalara ke beberapa bagian tubuh lainnya, seperti leger, lengan, dan punggung.

BACA JUGA : Waspada dengan 6 Tanda Serangan Jantung!

“Itu menjalar ke lengan, menjalar ke belakang, menjalar ke leher, leher seperti tercekik lalu juga disertai mual karena saking sakitnya sampai muntah dan biasanya diiringi oleh basah baju,” kata dr Ayu.

Disamping itu, saat terjadi rasa nyeri di dada juga akan menjalar di beberapa bagian tubuh juga, seperti   terasa sampai ke lengan, punggung, dan leher. Adanya keluhan sesak nafas menjadi salah satu tanda seseorang mengalami serangan jantung.

Sehingga dengan itu, dr Ayu memberikan saran untuk segera membawa pasien dengan beberapa gejala tersebut ke unit gawat darurat (UGD), agar segera mendapatkan penanganan medis dari pihak dokter di rumah sakit.

“Bukan hanya nyeri dada bisa saja keluhannya, sesak napas secara tiba-tiba dan itu mesti langsung di bawa ke UGD karena kita mesti lihat, ini benar nggak serangan jantung,” tutupnya.

BACA JUGA : Vaksin HPV Akan Jadi Program Nasional Tahun Depan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here