Fakta Tentang Hari Perempuan Internasional Hari Ini!

    0
    462
    Hari Perempuan Internasional
    Copyright ©tirto

    Sejarah Singkat Mengenai Peringatan Hari Perempuan Internasional

    Indowarta.com – Ibu kota kembali dihiasi dengan aksi parade yang dilakukan oleh sejumlah perempuan. Kali ini ada ratusan massa yang datang dari beberapa elemen berkumpul didepan Gedung Sate, Kota Bandung, pada Jumat (4/3/18) untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

    BACA JUGA : Penampilan Syar’i Kamu Belum Lengkap Tanpa Kaos Kaki!

    Dalam aksi damai ini untuk menyampaikan suara mengenai hak-hak perempuan, seperti penolakan terhadap eksploitasi perempuan, menuntut akses perlindungan serta pemulihan untuk seluruh korban kejahatan seksual, serta upah yang layak.

    Apakah kamu sendiri mengetahui sejarah adanya Hari Perempuan Internasional? Merupakan sebuah event dunia yang bergerak pada bidang politik hingga sosial, untuk keinginan keseteraan jender. Bermula pada tahun 1900-an, gerakan ini disepakati jatuh pada tanggal 8 Maret.

    Dilasir dari Tempo, awal sejarah peringatan Hari Perempuan Internasional yang dirayakan diseluruh dunia ini mulai dari tahun 1908 saat 15 ribu massa menggelar unjuk rasa di sebuah jalan di New York, Amerika Serikat, untuk menuntut hak-hak pemberina suara, upah yang layak, serta memangkas jam kerja.

    Hari Perempuan Internasional,
    Copyright ©ayobandung

    Satu tahun berselang, Amerika Serikat memperingatinya sebagai Hari Perempuan Internasional pada 8 Februari. Akan tetapi, pada tahun 1913 sejumlah negara menilai terkait pentingnya peringatan ini, sehingga diputuskan jatuh pada tanggal 8 Maret.

    BACA JUGA : Bebas KKN, Seleksi CPNS Sekarang Sudah Berbeda!

    Tujuan dari adanya peringatan ini adalah untuk menyetarakan kesamaan jender secara untuh dari para perempuan di dunia. Namun, sayangnya sampai sekarang ini tujuan itu masih belum dapat terealisasi, sehingga banyak dari massa perempuan yang menggelar aksi untuk menyampaikan hak-hak mereka dengan cara turun ke jalan.

    Diketahui bahwa setiap tahunnya, Hari Perempuan Internasional ini selalu dimeriahkan di seluruh dunia dengan beberapa cara. Seperti menampilkan karya seni, hingga massa perempuan yang datang dari beberapa elem melakukan aksi turun ke jalan.

    Sehingga setiap tanggal 8 Maret banyak dari perempuan di seluruh dunia menggelar aksi untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, dan mereka juga terus menyampaikan hak-hak yang semestinya mereka dapatkan.

    BACA JUGA : Gabriel García Márquez, sosok yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here