Ada Transaksi Gelap yang Membuat Uang Tabungan Nasabah BRI Hilang!

0
545
Uang Dalam Tabungan Nasabah BRI Hilang
Copyright©Tempo

Tabungan Nasabah BRI Berkurang Akibat Adanya Transaksi Gelap

Indowarta.com – Salah satu masyarakat bernama Mujiyat merasa kaget ketik dirinya hendak menarik uang sebesar Rp 5 juta dari rekening BRI miliknya di mesin ATM. Akan tetapi, transaksi terus mengalami kegagalan. Bahwa seingatnya dia memiliki uang lebih dari itu.

BACA JUGA : Karena Yusuf Mansur, Bank Muamalat Dapatkan Ratusan Nasabah!

“Saya mau narik Rp 5 juta gak bisa, kena limit. Uang rekening saya Rp 50 juta,” kata dia saat berada di halaman kantor BRI Unit Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur, Senin (12/3/18).

Kemudian dia segera melaporkan hal itu. Dari hasil pengecekan yang dilakukan pihak BRI menunjukkan bahwa ada trasaksi misterius yang terjadi pada tanggal 10 dan 11 Maret. Dia kemudian merasa kaget, karena sebelumnya tidak pernah melakukan transaksi.

Adanya kejadian ini ternyata tidak hanya dialami oleh Mujizat saja, namun beradasarkan informasi sudah ada 16 nasabah yang mengaku kehilangan uang dari rekening mereka. Jumlah uang yang raip pun beragam, mulai dari Rp 500 ribu hingga jutaan.

“Sejauh ini laporan yang masuk ada 16 nasabah yang mengaku kehilangan uangnya,” kata Kapolsek Ngadiluwih Ajun Komisaris Sokhib Dimyati.

Uang Dalam Tabungan Nasabah BRI Hilang
Copyright©Tempo

Terkait dengan hal itu, Kepala Cabang BRI Kediri Dadi Kusnadi mengatakan bahwa dirinya sudah mengetahui adanya kejadian tersebut saat itu juga. Dia menegaskan bahwa masalah ini sudah mendapatkan penanganan dari pihak pusat.

BACA JUGA : Penjelasan BRI Soal Dugaan Data Nasabah Bocor!

Hilangnya uang beberapa nasabah BRI ini diduga diawali adanya tindakan penyadapan data nasabah yang dilakukan debagn cara skimming. “Dugaan sementara dan kemungkinan adalah skimming,” paparnya.

Berdasarkan pemeriksaan awal yang sudah dilakukan pihak BRI pusat, kata Dedi, adanya transaksi misterius ini diduga dijalankan dari luar negeri. Adanya dugaan ini lantaran melihat dari transaksi dengan jumlah nominal uang tidak bulat. Ada beberapa embel-embel angka tertentu pada jumlah transaksi itu yang dilakukan lantara koversi kurs mata uang.

“Kurs konversi dollar atau yen atau apa, masih diteliti oleh kantor pusat,” kata dia.

Adanya angka tidak bulat tersebut seperti diketahui pada transaksi misterius dari seorang nasabah BRI bernama Elvina, yang mengaku bahwa sudah kehilangan uang sebesar Rp 504.146,506 dari dalam rekening tabungannya.

Adanya kejadian ini, pihak BRI sudah menempuh jalur hukum dengan melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian. “Kantor pusat sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan FBI karena (diduga pelaku) ada di luar negeri,” ucap Dadi.

BACA JUGA : Kata Pengamat Soal Bank Muamalat yang Terancam Bangkrut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here