Berita Terkini : Tingkat Inflasi Diperkirakan Akan Kembali Normal Usai lebaran !

0
1582

Berita Terkini : Tingkat Inflasi Diperkirakan Akan Kembali Normal Usai lebaran !

Indowarta.com– Bank Indonesia kini memperkirakan bahwa tingkat inflasi akan kembali normal setelah hari raya Idul Fitri. Tingginya tingkat inflasi pada bulan Juni 2016 ini sebesar 0,66 persen diakui karena adanya kenaikan harga selama bulan suci Ramadhan ini.

Deputi Gubernur Senior BI yakni Mirza Adiyaswara mengatakan bahwa pada saat Ramadhan dan juga menjelang lebaran memang merupakan pucak dari terjadinya inflasi tahunan. Setelah lebaran berlalu, kondisi inflasi akan kembali normal. Walau begitu tidak ditampik juga bahwa inflasi akan merangkak naik jelang akhir tahun.

Mirza, di Kompleks Perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yakni Mira menyebtukan bahwa untuk lebih kedepannya bank sentral bersama dengan pemerintah berhasil menjaga level inflasi dengan cukup baik. Bahkan pada tahun lalu, inflasi berhasil dijaga kurang dari empat persen.

Inflasi yang terjadi pada tahun lalu sudah melewati kontrol. Oleh sebab itu pada tahun lalu nilai inflasi mencapai 3,3 persen. Mudah-mudahan pada tahun ini empat plus minus satu persen. Hal ini berarti BI berhasil mempertahankan rezim suku bunga rendah.

Inflasi3

Inflasi yang rendah akan mempengaruhi penerapan suku bunga yang rendah pula seperti yang telah menjadi permintaan pemerintah. Walaupun demikian, penerapan suku bunga rendah juga akan bergantung pada faktor dari eksternal juga.

Suku bunga terganting pada inflasi yang terjadi, dan juga suku bunga luar negeri faktro ekseternal. Jika kita bisa mempertahankan level inflasi pada level tiga hingga empar persen, suku bunga pada saat ini sudah lumayan rendah dan kita bisa mempertahankannya.

Sementara itu Badan Pusat Statistik Jawa Timur telah mencatat inflasi Jatim pada bulan Juni 2016 ini sebesar 0,60 persen. Menurut catatan dari BPS, inflasi yang terjadi di Jatim pada bulan Ramadhan kali ini merupakan yang tertinggi sepanjang tiga tahun Ramadhan yang terkahir ini. Kepala BPS Jawa Timur yakni Teguh Pramono mengatakan bahwa inflasi pada Ramadhan tahun 2015 sebesar 0,51 persen.

baca juga :

Berita Hari Ini : Laporan Akhir Bulan, Tarif Angkutan dan Bahan Makanan Jadi Pendorong Utama Inflasi di bulan Juni !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here