Tips Menabung Untuk PNS dengan Gaji Pas-pasan!

    0
    467
    Ilustrasi PNS
    Copyright ©doniseo.abatasa

    Menabung Sangat Penting Untuk Para PNS Yang Memiliki Gaji Pas-Pasan

    Indowarta.com – Mendapatkan gaji bulanan mungkin sudah menjadi sebuah impian banyak orang, mengingat mereka juga harus memenuhi kebutuhan hidup. Jika Gaji bulanan sudah ada, maka dapat bersyukur karena kebutuhan selama satu bulan kedepan dapat terpenuhi.

    BACA JUGA : Besarnya Tunjangan Kemahalan PNS dan Manfaatnya!

    Meski begitu, walau  harus memenuhi kebutuhan rutinitas ini, setidaknya sedikit bagian dari gaji disisihkan untuk di tabung. Apapun profesi seseorang, bahkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun harus tetap memiliki tabungan.

    Tabungan tersebut digunakan untuk menjamin masa yang akan datang. Namun gaji PNS yang terbilang tidak terlalu besar pastinya memiliki tantangan untuk mencoba mulai menabung. Hal itu karena jumlahnya pas-pas saja ketika untuk memenuhi kebutuhan hidup.

    Oleh karena itu, awalilah dengan cara membatasi pengeluaran, sehingga sebagian dari gaji yang didapat masih bisa dialokasikan untuk menabung pada setiap bulannya. Berikut beberapa cara menabung untuk PNS.

    1. Sesuaikan kebutuhan dengan gaji

    Memiliki gaya hidup yang berlebihan dan gaya hidup yang sudah melebihi dari hasil pendatan gaji merupakan sebuah hal yang salah. Karena hal tersebut hanya akan dapat membuat anda semakin memiliki utang.

    1. Hindari utang dan kartu kredit
    Copyright ©qerja

    Jangan pernah memulai untuk utang, agar tidak menjadi beban masalah yang tidak penting ini. Selalu cukupkan gaji untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan dengan baik, juga untuk menyisihkan dana yang akan dimasukkan dalam tabungan setiap bulannya.

    1. Susun anggaran keuangan

    Susunlah anggaran keuangan dengan ketat (hemat), dimana seluruh anggaran yang dikeluarkan untuk kebutuhan benar-benar efektif dan sesuai. Ini artinya pengeluaran yang ada dalam anggaran tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup.

    1. Belanja bulanan yang hemat

    Kepada para PNS yang memiliki gaji yang tidak terlalu tinggi, sebaiknya jangan berbelanja secara terburu-buru sebelum adanya perencanaan. Alangkah baiknya susun daftar belanja bulanan yang sangat dibutuhkan.

    1. Tabungan wajib bulanan

    Memang ada sejumlah tanggungan yang musti untuk dipenuhi, namun itu bukan menjadi alasan seorang PNS untuk tidak menabung. Karena sebesar apapun biaya hidup yang dibutuhkan, maka tetap harus menyisihkan uang untuk menabung.

    BACA JUGA : Makin Lemah, Rupiah Bisa Melempem Sampai Rp 15.000 Per Dollar?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here