George Peabody, Bapak Filantropi yang Muncul di Google Doodle Hari Ini!

    0
    214
    Google
    Copyright©Google

    Google Doodle Rayakan Sosok George Peabody di Laman Utama Pencariannya

    Indowarta.com George Peabody sosok kenamaan yang sudah dikenal sebagai bapak filantropi modern, pada hari ini muncul di laman utama pencarian Google. Seperti yang dapat kita lihat di laman pencarian Google, Jumat (16/3/18), Doodle yang sematkan memperlihatkan sosok pria tua yang sedang membuka sebuah buku besar bersama dengan empat orang anak kecil.

    Lalu siapakah sebenarnya sosok George Peabody di Google Doodle hari ini? Seperti dikutip dari laman resmi Google, pria tersebut telah dikenal di Amerika Serikat pertama dengan sejumlah kegiatan amal yang dilakukannya.

    Sebelumnya, pria kelahiran 18 Februari 1795 itu juga dikenal sebagai sosok bankir. Dia merupakan salah satu orang yang paling penting dibalik berdirinya salah satu bank terkenal di Amerika pada abad ke-19 saat itu.

    George Peabody lahir dari keturunan keluarga pengusaha di tyahun 1852. Namun dia harus memutuskan pendidikanya pada saat perang saudara (perang sipil) yang menyebabkan keluarganya jatuh miskin.

    George Peabody
    Copyright©Kolase Tribunnews

    Dia memutuskan untuk pergi ke New York dan magang di sebuah tokok serta melanjutkan pendidikannya. Pria ini banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan Y.M.C.A, yang kemudian disebut sebagai almamater-nya.

    Taka lama setelah itu, dia dipercaya untuk menjadi mitra dari sebuah perusahaan divestasi sukses. Selama masa hidupnya, George Peabody telah berkecimpung dalam dunia sosial dan politik. Dengan tujuan utama untuk promosi pendidikan di Amerika Serikat.

    Pada tahun 1867, dirinya telah mendonasikan uang sebesar 2.000.000 dolar amerika atau setara 36.000.000 dolar Amerika untuk sekarang ini. Hal itu dilakukannya untuk kemajuan pendidikan di negara tersebut. Berkat langkah yang diambilnya ini, dia dianugrahi penghargaan Mendali Emas, Congressional Gold Medal.

    Oleh karena itu, George Peabody telah dikenal banyak masyarakat Amerika karena kedermawanannya. Sejumlah aktivitas, seperti memberi, merawat, dan membantu sudah menjadi hal yang terus dia targetkan.

    Karena telah mancapai kesuksesannya, dia juga mendirikan sebuah institusi di Baltimore dengan menyediakan sejumlah fasilitas pendidikan, seperti galeri seni, perpustakaan, akademi musik, dan beberapa diataranya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here