2 Faktor Penghambat Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal I 2018

0
753
Ekonomi RI
Copyright©JFX Journal

Menurut Menko Darmin, Ekonomi RI Hanya Tumbuh Stagnan di Kuartal I

Indowarta – Pertumbuhan Ekonomi RI hingga saat ini masih mendapatkan perhatian khusus dari pada pengelola sumber daya pemerintahan. Darmin Nasution selaku menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian juga telah memperkirakan kalau pertumbuhan ekonomi yang akan terjadi pada kuartal pertama tahun 2018 ini nantinya belum mampu melebihi pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada kuartal pertama tahun lalu.

Simak Juga: Syarat Ikut Program Rumah DP 0 Rupiah!

Pada bulan Januari hingga Maret 2017 yang lalu, pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia hanya sebesar 5.01 persen saja. “Untuk kuartal-I tidak bisa lebih tinggi dari tahun lalu. Ya sudah bagus kalau sama” seperti itulah kira-kira ungkapan dari Darmin ketika diwawancarai pada hari ini tanggal 19 Maret 2018 di Kantornya, Jakarta.

Ketika ditanya lebih lanjut, Darmin telah memberikan ungkapan mengenai penyebab pertumbuhan Ekonomi RI yang tidak memiliki perbedaan yang cukup jauh ini. Permasalahan ini ternyata dikarenakan masa panen raya yang tengah mengalami kemunduran pada bulan April, dengan begitu kejadian ini akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun 2018 mendatang.

Menko Darmin
Copyright©CNNIndonesia

“Kalau dilihat pertanian memang panennya bergerak sedikit lagi ke depan. Jadi tahun lalu sebenarnya sudah kembali ke Maret, April, Mei dengan puncaknya malah tahun lalu Maret dengan April sudah sama-sama puncak” penjelasan yang diberikan oleh mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut.

Selain itu, Darmin juga memberikan pernyataan tambahan kalau “Tahun ini kayaknya April puncaknya, sehingga mungkin saja pertaniannya akan lebih lambat karena panennya justru keluarnya April puncaknya. Artinya di kuartal II bukan kuartal I.”

Tidak hanya permasalahan kemunduran masa panen raya saja yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia itu bergerak stagnan di kuartal pertama tahun ini. Faktor penghambat lainnya yaitu terjadi pada sektor kredit yang masih belum pulih sampai saat ini.

“Kemudian indikator lain mungkin yang bisa dilihat adalah kredit. Pertumbuhan kredit memang belum pulih. Sehingga mungkin, saya enggak tahu ritel seperti apa situasinya” seperti itulah ungkap Darmin dalam keterangan selanjutnya mengenai pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal Pertama 2018 ini.

baca juga: Beras Impor Sebagai Bencana Ekonomi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here