Obat Kumur Meningkatkan Risiko Diabetes?

0
329
obat kumur
Copyright©tribunnews

Sebuah Penelitian Menyatakan Obat Kumur Dapat Meningkatkan Resiko Diabates

Indowarta.com – Memang pada dasarnya obat kumur cukup dipercaya sangat berguna untuk membersihkan mulut secara menyeluruh. Disamping membersihkan, penggunaannya juga bermanfaat untuk menghilangkan bau kurang sedap dari mulut.

BACA JUGA : Bukan Alergi, Inilah Penyebab dan Solusi Mengatasi Pilek!

Akan tetapi, mungkin banyak orang tidak menyadari bahwa dalam penggunaan obat kumur dapat meningkatkan resiko diabetes. Seperti dilansir dari Blodsky, Jumat (23/3/18), penelitian yang dilakukan Universitas Harvard di Amerika Serikat mendapati bahwa penggunaan obat kumur dapat meningkatakan resiko masalah kesehatan tersebut dan obesitas.

Dari hasil penelitian tersebut, menyatakan bahwa orang yang menggunakan obat kumur dua kali dalam satu hari, maka mereka sangat beresiko 55 persen mengalami biabetes dalam kurun waktu tiga tahun kedepan.

Kaumudi Joshipura, seorang Profesor Harvard School of Public Health mengungkapkan, potensi terjadinya diabetes ini dapat terjadi karena penggunaan obat kumur dapat menghilangkan bakteri baik dalam mulut.

Obat Kumur,
Copyright©dental

Bakteri yang dimaksud ini berguna untuk membantu tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida, yaitu senyawa yang berguna untuk mengatur kadar insulin. Disamping itu, senyawa tersebut juga dapat mengatur metabolism, menjaga kadar gula dalam darah, dan menyeimbangkan energi.

BACA JUGA: Mengenal Penyakit Hati NAFLD yang Merupakan Komplikasi dari Diabetes!

“Sebagian besar bahan antibakteri pada obat kumur tidak selektif. Dengan kata lain, mereka tidak menargetkan bakteri mulut tertentu. Sebaliknya, bahan-bahan ini dapat bertindak pada berbagai jenis bakteri,” kata Kaumudi, dikutip dari Boldsky.

Dalam penelitian ini telah melakukan riset kepada 1.206 orang yang memiliki kondisi kelebihan berat badan. Mereka rata-rata memiliki umur 40-65 tahun. Adapun orang yang masuk dalam kategori tersebut cukup beresiko terkena diabetes.

Selama proses studi, sebanyak 17 persen jumlah tersebut telah mengalami diabetes. Angka tersebut mulai bertambah sebanyak 20 persen ketika mereka mulai menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut dalam satu kali sehari.

Setelah itu berubah menjadi 30 persen usai menggunakan dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Dari hasil penelitian itu, telah menunjukkan adanya resiko terserang diabetes yang disebabkan oleh penggunaan obat kumur secara rutin.

BACA JUGA : Penyebab Meninggalnya Kandungan Meski Sudah Hamil Tua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here