Pilgub Jatim: Gus Ipul Unggul di Media Online, Sedangkan Khofifah Unggul di Medsos

0
280
Pilgub Jatim Makin Memanas
Pilgub Jatim Makin Memanas Copyright© Kompas

Peta Persaingan Gus Ipul dan Khofifah Menuju Pilgub Jatim

Indowarta.com Indonesia Indicator (I2) mengeluarkan hasil survei media terhadap head to head santara Saifullah Yusuf atau Gus Ipul – Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa – Emil Listianto Dardak dalam Pilkada Jatim, keduanya terbukti sangat bersaing ketat.

“Keduanya sama-sama kuat, NU, dan masing-masing memiliki bintang untuk generasi milenial yang membuat situasi pilgub terus menggeliat. Ditambah lagi dengan perang survei dengan hasil yang bervariasi,” ungkap Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (12/4/2018).

Baca Juga: Alasan Emil Dardak Terima ‘Pinangan’ Khofifah untuk Maju di Pilkada Jatim!

Ketatnya persaingan ini juga dilihat dari isu-isu terbesar yang menjadi pusat perhatian media. Begitupun dengan dukunagan Kiai dan tokoh agama yang menjadi salah satu isu terbesar di jatim selain perang klaim survey.

Ketika diketahui, dari 5 survei yang dilakukan dalam waktu bersamaan terhadap perbedaan pemenang. Pollmark, Indo Barometer, Charta Politika mengunggulkan Gus Ipul sementara Litbang Kompas dan Poltracking memenangkan Khofifah.

Dari seluruh pemberitaan, Pasangan Gus Ipul dan Puti unggul dalam pemberitaan di media online dengan 3.207 berita atai mencapai 52 persen, sedangkan pemberitaan tentang Khofifah dan emil di media mencapai 2.916 atau 48 persen.

Baca Juga: 9 Program Unggulan yang Diusung Gus Ipul dan Puti Untuk Pilgub Jatim!

“Dalam pemetaan pemberitaan di berbagai daerah terlihat kontestasi yang cukup ketat. Di media online, Saifullah Yusuf masih memimpin sebagai top influencer. Dari sisi sentimen, Syaifullah-Puti mendapat 10 persen sentimen negatif, sementara Khofifah-Emil sebesar 13 persen- di antaranya karena adanya kampanye hitam yang sempat ditujukan,” ujar Rustika.

Beda dengan pemberitaan online, Indonesia Indicator juga mencatat tingginya dukungan dan antusiasme netizen pada Pilkada Jatim 2018. Kompetisi anatara kedua pasangan di Twitter cukup menarik dimana dari sisi percakapan, Khofifah-Emil mendominasi sebesar 76 persen percakapan dibanding Saifullah-Puti 24 persen dalam sebulan terakhir.

Baca juga: Gus Ipul Kontrak Khusus Nella Kharisma dan Via Vallen Untuk Pilkada Jatim!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here