Libur Isra Mikraj 2018 Jatuh Pada Hari Jumat Atau Sabtu?

    0
    806
    Libur Isa Mikraj
    Libur Isa Mikraj Jatuh Pada? Copyright© Thinkstock

    Kapan Libur Isa Mikraj?

    Indowarta.com – Munculnya perdebatan di sosial media tentang tanggah merah Isra Mikraj akhir pecan ini bikin heboh, ada yang mengatakan jatuh pada hari Jumat 13 April dan ada juga yang menyebutkan jatuh pada Sabtu 14 April, Lantas kapankah sebenarnya?

    Pemerintah akhirnya memberikan kepastian kepada netizen dimana jatuhnya Isra Mikraj 2018 ini. berdasarkan Surat keputusan Bersama Menteri Agama, menteri ketenagakerjaan, Serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, Libur Isra Mikraj ditetapkan jatuh pada Sabtu 14 April 2018.

    SKB ini sudah ditandatangani oleh menteri agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Serta Menteri Pendayagunaan Apoaratur Negara dan reformasi Birokrasi Asman Abnur.

    Baca Juga: Diuji Coba, Underpass Matraman Mampu Kurangi Macet Sampai 30 Persen

    Hal ini ditegaskan kembali oleh Kemenag dan kemenPAN-RB. Kepala biro Humas, Data dan Haji Kemenag Mastuki mengatakan dalam penanggalan hijriah, 27 Rajab Jatuh pada hari Sabtu bersamaan dengan tanggal 14 April.

    Libur Isa Mikraj Berbeda
    Libur Isa Mikraj Berbeda Copyright© WartaKota

    “Memang ada beda cara penghitungan hari. Jika kamariah, masuknya hari dihitung setelah ghurub asy-syamsi (terbenamnya matahari). Dengan cara itu, ketika tanggal 26 Rajab (setelah magrib tiba), berarti sudah masuk Isra Mikraj atau tanggal 27 Rajab. Bedanya dengan penanggalan masihiyyah (masehi), hitungan masuk hari ditandai setelah pukul 00.00. Jadi, ketika Jumat malam setelah magrib memang masih tanggal 13 April sampai pukul 00.00. Esok harinya, Sabtu tanggal 14 April,” papar Mastuki, Kamis (12/4/2018).

    Baca Juga: Tiara Ayu Fauziah, Foto Model yang Jadi Tersangka Penabrak Sopir GoJek

    Penegasan yang sama ini disampaikan juga KemnPAN-RB. Penetapan bahwa Libur Isra Mikraj 2018 jatuh pada tanggal 14 April 2018 yakni hari Sabtu dan sudah diatur dalam SKB 3 Menteri.

    “Dalam Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018, telah ditetapkan bahwa Hari Libur Nasional Tahun 2018 ada 16 hari, salah satunya tanggal 14 April 2018, yang jatuh pada hari Sabtu, yakni dalam rangka Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW,” ungkap Kepala Biro Hukum dan Humas KemenPAN-RB Herman Suryatman.

    Baca Juga: Pengakuan Penabrak Sastrawan Danarto

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here