Amien Rais Tidak Bisa Dibui Soal Partai Allah, “Bukan Politikus Comberan”

0
2583
Amien Rais
Copyright©kompasiana

Amien Rais Bukan Politikus Comberan

Indowarta.com – Meski telah dilaporkan ke Kepolisian karena menciptakan kegaduhan dengan kalimat Partai Allah dan Setan. Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais diyakini tidak bakalan dijebloskan ke Penjara.

Menurut Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendara, Dari kacamata hukumnya, tidak ada untus ujaran kebencian dalam pernyataan yang diucapkan oleh Amien Rais. Yusril menilai pernyataan itu adalah hal yang biasa dalam konteks politik.

Baca Juga: Gaduh Soal Partai Setan, Amien Rais Diminta Lebih Bijak Seiring Bertambah Tua

“Menurut saya sih tidak (ada unsur ujaran kebencian), hanya mengklasifikasikan dari segi politik saja, dan biasa lah orang politik ngomong dengan bahasa-bahasa yang seperti itu. Jadi tidak selalu bahasa politik itu harus dilarikan ke ranah pidana,” kata Yusril di Bareskrim Polri, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Senin 16 April 2018.

Dan lagi, menurut Yusril, Amien Rais tidak menyebut secara khusus partai yang dimaksudkan masuk golongan Partai Allah dan setan. Ia pun menghimbau bagi para partai politik yang merasa tersindirr lebih baik membantah, bukan melaporkan ke Pihak kepolisian.

“Jadi, hanya lebih pada klasifikasi partai yang menurut keyakinan beliau adalah partai yang betul berada di dalam kebenaran,” kata Yusril.

Amien Rais ikut hadir dalam acara reuni akbar 212
Copyright©Arrahmah

Bertolak belakang dengan pernyataan di atas, menurut Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah, Amien Rais disebut sebagai Politikus comberan di maneuver terbarunya. Pernyataan Amien ini menjadi polemic karena mendikotomikan papol di Indonesia menjadi “Partai Setan” dan “Partai Allah”.

Baca Juga: Kritikan Amien Rais Mendapatkan Respon Jusuf Kalla

“Ucapan Amien Rais tentang ‘partai setan’ tidak ada kaitannya dengan demokrasi, melainkan hanya tingkah laku politikus comberan yang seenak udelnya saja, dan hal ini tidak boleh terjadi di Indonesia,” ucap Inas, Senin (16/4/2018).

Pernyataan Inas Nasrullah pun membuat berang jajaran PAN. Ketua DPP PAN Ali Taher tidak terima Amien Rais disebut politikus comberan dan balik menyerang Inas dengan sebutan kotoran.

“Sekarang yang ngomong comberan itulah yang nggak ngerti. Kotoran dia itu,” ujar Ali Taher di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4).

Pembelaan untuk Amien datang dari para orang dekat dan pendukungnya. Ketum PAN Zulkifli Hasan menyebut seniornya itu berbicara soal partai setan dan partai Allah dalam konteks ceramah agama.

Baca Juga: Amien Rais Sebut Rezim Jokowi Beri Angin Segar Untuk Kebangkitan PKI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here