Jawaban Jokowi Soal Nasib Mobil Esemka

0
750
Jokowi Saat Ditanya Soal Esemka
Jokowi Saat Ditanya Soal Esemka Copyright© Kompas

Begini Nasib Mobil Esemka

Indowarta.com Presiden Jokowi sempat mendapatkan pertanyaan seputar nasib Mobil Esemka sampai saat ini. hal itu dilontarkan ketika Jokowi menghadiri pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta Kamis 19 April 2018.

Menurut Jokowi, sebuah produk harus melalui tahap riset dan uji coba sebelum masuk dunia industry. Jokowi menilai proses tersebut tidak memakan waktu yang sebentar.

Baca Juga: Mobil Esemka Sudah Bisa Dipesan, Begini Caranya!

“Nanti dilihat apakah Esemka bisa masuk ke industri apa tidak. Bisa masuk ke industri, tapi bisa dipasarkan atau tidak, nanti kita lihat,” kata Jokowi.

Jokowi Saat Ditanya Soal Esemka-
Jokowi Saat Ditanya Soal Esemka Copyright© Kompas

Jokowi menyatakan pemerintah saat ini tengah mempercepat penyusunan peraturan terbaru yang berkaitan dengan industry otomotif ini. ia berharap peraturan terbaru yang ada nantinya bisa mendorong berkembangnya produsen lokal seperti Esemka.

“Regulasi-regulasi yang ada kita sederhanakan. Urusan yang berkaitan dengan uji layak, uji emisi harus dipercepat,” ucap Jokowi.

“Semangat merah putih saya memang kepengin punya mobil nasional. Dan awalnya hanya berniat untuk mentransfer ilmu ke anak-anak SMK,” kata Sukiyat saat dihubungi detikOto, Selasa (3/4/2018).

Baca Juga: Fitur Canggih yang Hadir di Motor Listrik TVS, Layaknya Mobil Mewah

Mobil Esemka merupakan mobil lokal yang sering dikait kaitkan dengan Jokowi. Sebab semasa masih jadi walikota solo, Jokowi pernah menggunakan Esemka sebagai mobil dinasnya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, nama Esemka perlahan menghilang dan hanya muncul sesekali, bahkan sempat dikabarkan bahwa Mobil Esemka juga akan dijadikan kendaraan dinas Para Menteri kala itu. Perjalanan Mobil Esemka untuk bisa menjadi mobil nasional bisa dibilang kurang mulus, lantaran pada tahun 2010 pernah gagal uji emisi.

Kemudian saat uji emisi kembali dilakukan pada tahun 2012, Esemka gagal untuk kedua kalinya. Baru pada Agustus 2012 mobil buatan anak bangsa ini lolos uji emisi dan dianggap memenuhi standar sebuah mobil untuk diproduksi.

Baca Juga: Harga Yamaha Lexi dan Beragam Kelebihannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here