Survey Kompas Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo Subianto

0
1381
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Copyright © Kompas

Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Indowarta.com – Survei Litbang Kompas menunjukkan, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo paling banyak dipilih responden untuk menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Gatot yang baru pension dari Militer pada penghujung Maret 2018 itu dipilih oleh 8.3 Persen responden.

Baca Juga: Asa Warga di Atas Puing Kampung Akuarium, Janji Anies Baswedan

Di bawah Gatot, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diusung oleh Prabowo Maju di Pilkada DKI itu mendapatkan 6.8 Persen responden.

Elektabilitas Pilpres 2019
Elektabilitas Pilpres 2019 Copyright © Kompas

Ada juga Komando satuan Tugas Bersama Partai democrat Agus Harimurti Yudhoyono. Putra sulung SBY itu mendapatkan suara 3.9 Persen Responden.

WAJIB BACA :  Menghitung Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo

“Bersandarkan pada hasil survei, praktis sosok Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, dan Agus Harimurti Yudhoyono berpeluang,” kata peneliti Litbang Kompas Bestian Nainggolan seperti dikutip Harian Kompas, Selasa (24/4/2018).

Baca Juga: Prabowo Subianto Gundah Saat Nama Gatot Nurmantyo Melejit?

Dari sisi popularitas, kata Bestian, ketiga sosok tersebut mempunyai tingkay yang tinggi, sekalipun dari sisi elektabilitas ketiganya relative kecil, setiap sosok mempunyai barisan pendukung. Namun, dari ketiga sosok ini tidak semua punya karaktyer pendukung yang berbeda debfab Prabowo.

“Kecuali Agus Harimurti Yudhoyono, sosok lainnya punya potensi dukungan yang lebih mirip dengan karakteristik pendukung Prabowo,” kata dia.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan di atas, ada juga nama lain seperti Mahfud MD (2,4 persen), TGB Zainul Majdi (2,2 persen), Tri Rismaharini (1,5 persen) dan tokoh lainnya (14,4 persen). Responden yang tidak memberi jawaban sebesar 39 persen.

WAJIB BACA :  PKS Siap Ikut Gabung Jika Prabowo Gandeng AHY

Bestian mengatakan, siapapun cawapres yang dipilih Prabowo harus bisa mendongkrak elektabilitas mantan Danjen Kopassus itu

Baca Juga: Survei Kompas, JK dan Prabowo Jadi Cawapres Jokowi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here