Berita Hari Ini : Terkait Iklan Dokter Tengkorak, Pihak BPJS Kesehatan Sampaikan Maaf ?

    0
    1217
    BPJS kesehatan

    Berita Hari Ini : Terkait Iklan Dokter Tengkorak, Pihak BPJS Kesehatan Sampaikan Maaf ?

    Indowarta,com– Terkait dengan iklan layanan masyarakat yang telah menampilkan dokter dalam bentuk tengkorak, Pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah meminta maaf. Publikasi iklan yang menyatakan atas nama BPJS Kesehatan Banjarmasin tersebut menceritakan mengenai seorang dokter yang menolak pasien anak-anak karena terkena petasan.

    Di dalam BPJS Kesehatan, celaka akibat terkena petasan ini dianggap tidak masuk di dalam lingkup jaminan pihak BPJS Kesehatan. Jadi sang ayah yang mengantarkan anaknya untuk berobat tersebut harus berobat dengan menggunakan uang, tidak bisa menggunakan jaminan. Yang menjadi permasalahan adalah karakter yang menjadi dokter tersebut yang ditampilkan di iklan itu. Karakter seorang dokter tersebut adalah berupa tengkorak.

    Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yakni Irfan Humaidi menyebutkan bahwa pihakny telah mengklarifikasi. Gambar tersebut merupakan kealfaan BPJS cabang Banjarmasin. Tidak seyogyanya BPJS cabang telah menggunakan gambar yang berasal dari sumber lain dari BPJS Kesehatan Pusat.

    BPJS

    BPJS Kesehatan memohon maaf, tidak ada maksud untuk mendiskreditkan salah satu pihak ataupun profesi atau organisasi. BPJS meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut yang terkait dengan karukartur yang telah dimuat.

    Irfan juga menyebutkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan pusat telah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan cabang Banjarmasin untuk mengklarifikasi kabar berita tersebut dan juga menyampaikan rasa permintaan maaf serta penyesalan yang mendalam.

    Pada sebelumnya, Ikatan Doketer Indonesia (IDI) cabang Banjarmasin telah menyatakan bahwa pihaknya keberatan mengenai penggambaran seorang dokter di dalam iklan layanan masyarakat BPJS Kesehatan yang dimuat di Harian Banjarmasin Post.

    Penggambaran dokter sebagai tengkorak ini dinilai sebagai sosok yang menakutkan di tengah masyarakat. Selain itu, iklan tersebut sama sekali tidak sesuai dengan etika profesi kedokteran yakni menolak seorang pasien.

    Gambar komik yang mirip dengan iklan tersebut sebenarnya sudah tersebar luas di media sosial. Contohnya adalah di dalam akun yang bernama @komikdokter. Komik yang dimaksud ini telah diunggah oleh akun yang bernama @jasa-jurnal di media sosial Instagram.

    baca juga :

    Berita Terkini : Gandeng NU, BPJS Ketenagakerjaan Perluas Keanggotaan !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here