Hari Ini, Koruptor Samadikun kembalikan uang Rp87 Miliar Cash

0
574
Hari Ini, Koruptor Samadikun kembalikan uang Rp87 Miliar Cash
Hari Ini, Koruptor Samadikun kembalikan uang Rp87 Miliar Cash Copyright © Viva

Samadikun Kembalkan Uang Rp87 Miliar Cash

Indowarta.com Koruptor kasus BLBI, Samadikun Hartono, siang ini kamis 17 Mei 2018, akan mengembalikan uang sebanyak Rp87 Miliar secara tunai. Hal ini sesuai putusan Mahkamah Agung sebagai uang penggantu untuk pemulihan uang negara.

“Sekarang sisa yang belum dilunasi untuk pengembalian sebagai uang pengganti di dalam keputusan MA itu sisa Rp87 miliar,” ujar Kasipenkum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi, saat dikonfirmasi VIVA.

Baca Juga: Klarifikasi Abdul Somad Soal Video Ceramah Tentang Bunuh Diri

Nirwan menjelaskanpembayaran akan dilakukan sekitar pukul 12.00 WIB. Hal ini dilakukan di Bank Mandiri Gedung Plaza mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Samadikun sendiri dikatakanya sudah membayar sebesar Rp81 Miliar di Kejari Jakarta Pusat. Namun, setelah itu ia tidak dapat membayar lagi. Padahal pembayaran yang dia lakukan belum sepenuhnya yakni harus sebesar Rp 169 Miliar.

“Kami kan mau mengejar para pelaku lain. Kami serius mengejar. Setelah asetnya kami sita, ia menyanggupi bayar,” kata Nirwan.

Baca Juga: PNS Istri Terduga Teroris Sidoarjo Terancam Dipecat

Samadikun Hartono ditangkap tim gabungan pada April 2016 setelah buron cukup lama, yakni sejak tahun 2003. Namun, Samadikun baru tertangkap setelah 13 tahun.

Nama Samadikun Hartono masuk dalam daftar buron Kejaksaan Agung. Pria kelahiran 4 Februari 1948 itu tersangkut kasus penyimpangan BLBI saat menjadi Presiden Komisaris PT Bank Modern.

Samadikun divonis empat tahun penjara karena penyalahgunaan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) sebesar Rp 169.4 Miliar itu. Dia kabur sesaat setelah Mahkamah Agung (MA) memperkuat vonis tersebut.

Tim Kejaksaan Negeri Jakarta yang hendak menangkap Samadikun di Menteng, Jakarta Pusat, cuma menemukan penjaga rumah. Samadikun sudah kabur entah ke mana.

Sebelumnya, buronan kasus BLBl lainnya yakni Adrian Kiki juga diketahui telah ditangkap aparat dan dibawa ke lndonesia pada 22 Januari 2014. Mantan Direktur Utama Bank Surya itu termasuk salah satu buronan kasus BLBl.

Baca Juga: Perburuan Densus 88 Diyakini Buat ISIS di Indonesia Panik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here