Berita Terkini : Pelaku Pemalsu Vaksin Palsu diancam dengan Hukuman Maksimal 15 Tahun Penjara !

0
1242
vaksin palsu

Berita Terkini : Pelaku Pemalsu Vaksin Palsu diancam dengan Hukuman Maksimal 15 Tahun Penjara !

Indowarta.com– Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto menyebutkan bahwa ancaman hukuman maksimal yang mungkin dijatuhkan untuk pelaku vaksin palsu adalah 15 tahun penjara. Hal tersebut telah diungkapkannya di dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR bersama dengan Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Oban dan Makanan (BPOM), Bareskrim Polri, Biofarma, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan juga Satgas Penangan Vaksin Palsu.

Ari Dono menjelaskan bahwa pelaku vaksin palsu sudah pasti terjerat dengan UU Kesehatan karena dia melakukan produksi tanpa mempunyai izin. Selain itu juga akan dijerat dengan UU Konsumen. Paling tinggi hukuman yang akan diberikan adalah 15 tahun penjara.

vaksin palsu

Namun pasal tersebut hanyalah pasal yang diterapkan pihak kepolisian yang termasuk di dalam kasus tersebut, mengenai keputusna hukuman bukanlah wewenang kepolisian. Ari Dono berharap agar hakim menjatuhkan hukuman yang paling tinggi tersebut.

Selain itu juga akan diberlakukan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Ari Dono meuturkan bahwa saat ini polisi juga tengah menelusuri dimana para pelaku menyimpan uang yang merupakan hasil dari jual beli vaksin palsu ini. Apabila pelaku sengaja menyimpan dana tersebut ke orang lain, maka tidak menutup kemungkinan bahwa keluarga pelaku juga akan dimintai keterangan.

Berdasarkan dari Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, terdapat 14 nama rumah sakit dan juga terdapat 8 bidan yang menggunakan vaksin palsu tersebut. adapun 14 nama Rumah Sakit yang menggunakan vaksin palsu tersebut adalah :

  1. DR. Sander, Cikarang
  2. Bhakti Husada, Terminal Cikarang
  3. Sentral Medika, JI. Industri Pasir Gombong
  4. RSIA Puspa Husada
  5. Karya Medika, Tambun
  6. Kartika Husada Jl. MT Haryono Setu Bekasi
  7. Sayang Bunda, Pondok Ungu Bekasi
  8. Multazam, Bekasi
  9. Permata, Bekasi
  10. RSIA Gizar, Villa Mutiara Cikarang
  11. Harapan Bunda, Kramat Jati, Jakarta Timur
  12. Elisabeth, Narogong Bekasi
  13. Hosana, Lippo Cikarang
  14. Hosana, Bekasi Jl. Pramuka

baca juga :

Berita Terkini : Bertambah Lagi, Tersangka Kasus Vaksin Palsu Jadi 18 Orang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here