Demi Dongkrak Ekonomi, Kediri Akan Punya Tol dan Bandara

0
1528
Pramono Anung
Pramono Anung Copyright © Kompas

Selain Bandara, Kediri Akan Dibangun Tol Demi Dongkrak Ekonmi

Indowarta.com – Menteri Sekretaris Kebinet Pramono Anung mengatakan bahwa selain adanya Bandara Kediri, Wilayah selatan Jawa Timur ini juga akan dilengkapi dengan pembangunan jalan tol agar perekonomiannya makin terdongkrak.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pastikan pekerja Harian lepas DKI Dapatkan THR

“Segera dibangun juga tol Kertosono-Kediri-Tulungagung,” ujar Pramono Anung saat berada di Kediri, Selasa (29/5/2018).

Dengan konektivitas infrastruktur tersebut, wilayah Kediri dan sekitarnya ini nantinya akan diharapkan mampu berkembang. Terutama sebagai kawasan industry baru yang mampu mendongkrak perekonomian warga.

Selama ini, kata Pramono, perekonoman dan pusat industry terkonsentrasi di wilayah Sidoarjo dan Surabaya. Dibutuhkan pemerataan agar semakin banyak warga yang menikmatinya.

Di wilayah Karesidenan Kediri nantinya juga bisa berkembang,” ujarnya. Pembangunan Bandara Kediri sendiri dItargetkan mulai dilaksanakan pada 2019 nanti.

“Sekarang ini hanya memang ada persoalan teknis karena, apa, ada pergeseran sedikit sehingga konsekuensinya harus membebaskan lahan lagi,” ujar Pramono Anung di sela peresmian jembatan Wijaya Kusuma di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (29/5/2018).

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Pensiunan PNS Dapatkan THR dan Gaji Ke-13

Soal pembebasan lahan itu, Pramono menambahkan, akan terus dilakukan. Pemerintah, menurutnya, akan turun tangan membantu proses pembebasan lahan. “Bandara Kediri termasuk proyek strategis nasional sehingga pemerintah akan membantu,” imbuhnya.

Sedangkan soal perizinan proyek bandara, Pramono yang juga politikus PDI-P ini mengatakan, sudah mengantong beberapa izin, mulai dari Kemenhub hingga KSAU soal wilayah udara.

Jika semua persyaratan administrasi dapat terpenuhi, kata Pramono, proses pembangunan sudah bisa dilakukan. Setidaknya, pada 2019 bandara tersebut mulai dibangun.

Baca Juga: PNS Terima THR dan Gaji Ke-13, Honorer Melongo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here