Berita Terkini : Kudeta Militer Turki Gagal, Begini Kondisi Pasca Suara Tembakan Bertalu Talu !

0
4934
kudeta turki

Berita Terkini : Kudeta Militer Turki Gagal, Begini Kondisi Pasca Suara Tembakan Bertalu Talu !

Indowarta.com– Pemerintah Turki pada hari Sabtu 16 Juli 2016 dini hari waktu setempat mengkalim bahwa pihaknya telah berhasil menggagalkan upaya kudeta turki militer menyusul baku tembak dan juga ledakakn yang terjadi di ibu kota Ankara yang sudah menewaskan setidaknya 17 orang.

Seorang pejabat senior Turki yang tidak mau dijelaskan identitasnya mentakan bawha semua pejabat pemerintah kini masih mengendalikan kementerian mereka. Pada sebelumnya, juru bicara dinas Interlejen Turki (MIT) yang bernama Nuh Yilmaz menegaskan bahwa duketa yang dilakukan telah gagal dan menambahkan panglima angkatan bersenjata Jenderal Hulusi Akar sudah berhasil mengendalikan situasi.

Upaya untuk melakukan kudeta turki ini sudah dimulai pada hari Jumat 15 Juli 2016 malam setelah militer mengeluarkan pernyataan telah mengambil alih kekuasaan untuk mengembalikan aturan demokrasi di negeri itu.

Tidak lama kemudian jet tempur melintas di udara dan baku tembak pun terdengan diluar markas militer. Selain itu juga ada kendaraan tempur yang memblokadi dua jembatan utama yang berada di Istanbul.

kudeta turki

Di Bandara Ataturk ada empat buah tank yang disiagakan dan juga tentara telah menutup pintu masuk Bandara. Tank lain dan juga sebuah kendaraan militer telah ditempatkan di depan terminal. Ada juga tentara yang memasuki menara pengawas lalu lintas udara dan telah menghentikan semua penerbangan.

Namun pihak militer sendiri kelihatannya masih kurang solid di dalam melakukan kudeta ini. Bahkan komandan pasukan khusus Jenderal Zekaio Aksakalli sempat bertekad untuk mengakhiri upaya kudeta tersebut.

Para komandan militer telah memastikan bahwa para pelaku percobaan kudeta ini telah melanggar rantai komando. Hal tersebut ditegaskan oleh juru bicara kepresidenan yakni Ibarhim Kalin. Kalin menyebutkan bahwa kini Rakyat turki telah menunjukkan sikap untuk mendukung demokrasi dan juga pemerintahan terpilih.

Sejauh ini masih belum ada informasi mengenai korban WNI yang muncul dalam insiden ini. Namun WNI tetep dihimbau agar lebih meningkatkan kewaspadaan pada diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

baca juga :

 Berita Terkini : Teror Nice Berdarah Di Prancis Adalah Wujud Balas dendam ISIS ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here