Berita Terkini : Iuran BPJS Akan Dinaikkan Oleh Pemerintah, Inilah Rincian Lengkapnya !

0
941
BPJS

Berita Terkini : Iuran BPJS Akan Dinaikkan Oleh Pemerintah, Inilah Rincian Lengkapnya !

Indowarta.com– Pogram Jaminan Kesehatan Nasional rencananya akan dinaikkan dalam waktu dekat ini. hal ini bisa dilihat dalam peraturan presiden tentang masalah Pengelolaan Dana Jaminan Kesehatan Nasional. Dalam website milik BPJS bisa dilihat bahwa ada kenaikan skema iuran yang dilakukan pada empat jenis peserta .

Yang pertama adalah bahwa peserta yang menerima bantuan akan dinaikkan dari Rp 19.225 menjadi Rp 23.000 setiap bulannya. Yang kedua adalah untuk peserta mandiri kelas 1, peserta pada golongan ini iuran bpjsnya akan dinaikkan dari Rp 59.500 menjadi Rp 80.000 tiap bulan.

Yang ketiga untuk peserta mandiri kelas II yang iurannya akan naik dari Rp 42.500 menjadi Rp 51.000 perbulan. Yang terakhir adalah untuk peserta mandiri kelas III, iuran dari Rp 25.500 dinaikkan menjadi Rp 30.000 tiap bulan untuk setiap orang.

Sekertaris Jendral Kementrian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo mengatakan bahwa draft mengenai kenaikan iuran bpjs tersebut sudah ada di Kantor Kementerian Hukum dan Ham. Untung berharap agar kenaikan tersebut segera selesai sehingga pihak BPJS bisa normal kembali.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris mengatakan bahwa kenaikan iuran BPJS tersebut sudah dipikirkan matang – matang dengan berbagai pertimbangan.

BPJS

Salah satu pertimbangannya adalah adanya ketidak sesuaian pengeluaran dan juga penerimaan program JKN. Karena itu iuran BPJS dilakukan untuk peserta mandiri kelas I dan juga mandiri kelas II.

Fahmi juga menambahkan bahwa sumber dana BPJS kesehatan bukan hanya berasap dari peserta saja, tapi juga berasal dari pemerintah lewat Kementrian Keuangan.

Selisih dari iuran dan juga klaim akan dapat ditekan lagi jika BPJS Kesehatan mendapatkan dana tambahan dari Kementrian Keuangan. Ditambah lagi dengan investasi yang dilakukan BPJS Kesehatan dan juga dana talangan dari asset – asset BPJS Kesehatan.

Sumber dana BPJS Kesehatan saat ini jika hanya diambil dari iuran belum ada kesesuaian. Pemerintah akan selalu membantu BPJS Kesehatan dengan memberikan dana tambahan. Untuk diketahui selisih iuran dan juga klaim BPJS saat ini sudah mencapai 1.5 milyar.

baca juga : Berita Terkini: Tunjukan Sms Jaksa Agung Ke Dpr, Justru Dianggap Curhat Kayak Anak Perempuan!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here