Berita Terkini : Mengubah Pancasila Jadi ‘Pancagila’ di FB, Sahat Safiih Gurning Mulai Diadili, Sindir Pemerintah ?

0
1631
pancagila

Berita Terkini : Mengubah Pancasila Jadi ‘Pancagila’ di FB, Sahat Safiih Gurning Mulai Diadili, Sindir Pemerintah ?

Indowarta.com– Pemuda yang merupakan warga dari Toba Samosir, Sumatera Utara yang bernama Sahat Safiih Gurning kini tengah meringkuk di penjara. Dia tengah menjalani proses persidangan karena telah mengubah nama Pancasial menjadi Pancagila. Dia menyampaikan hal tersebut di dalam akun Fb miliknya. Kini Sahat terancam lima tahun penjara atau denda sebesar Rp 500 juta.

Kuasa hukum Sahat yakni Kirno Siallagan mentakan bahwa materi yang berupa tulisan itu bukan penghinaan malainkan kritikan. Pembelaan yang telah dilakukan oleh Kirno ini bukanlah tanpa alasan. Sahat merupakan mantan aktivis mahasiswa yang sudah lulus pada tahun 2015 dan kini tengah aktif di dalam kegiatan sosial di Toba Samosir.

WAJIB BACA :  Status FB Anwar Asmali Ini Bikin Panas, PKS Mendesak Permintaan Maaf!

pancagila

Di dalam halaman Fb milik Sahat ini berisikan tetang berbagai kritikan atas nasib bangsa belakangan ini. Kritikan tersebut termasuk juga Pancagila yang sudah diposting pada tahun 2014 yang lalu. namun pada saat itu, postingan dari Sahat ini masih belum dipermasalahkan.

Kirno menyebutkan bahwa hal itu buka merupaka penghinaan tetapi sebuah ekspresi karena kesalnya dengan negara ini. Melihat negeri ini yang katanya Pancasila namun pejabatnya banyak yang bermain. Hal tersebut merupakan kritikan.

Pria yang lahir pada tanggal 18 September 1989 ini juga memasang foto dirinya yang tengah menendang Burung Garuda Pancasila dengan kaki kanan di akun Fb pribadinya. Selain itu Sahat juga menuliskan Pancasila hanyalah lambang negara mimpi, yang benar adalah pancagila. Di dalam postingannya tersebut, Sahat mendefinisikan Pancagial sebagai :

  1. Keuangan Yang Maha Kuasa.
  2. Korupsi Yang Adil dan Merata.
  3. Persatuan Mafia Hukum Indonesia.
  4. Kekuasaan Yang Dipimpin oleh Nafsu Kebejatan Dalam Persengkongkolan dan Kepurak-purakan.
  5. Kenyamanan Sosial Bagi Seluruh Keluarga Pejabat dan Wakil Rakyat.
WAJIB BACA :  Status FB Anwar Asmali Ini Bikin Panas, PKS Mendesak Permintaan Maaf!

Kirno menyebutkan bahwa hal ini merupakan sebuah kebebasan mengeluarkan pendapat. Jadi bukan berarti Pancasial yang merupakan lambang negara ini telah dihina oleh Sahat Safiih Gurning.

baca juga :

Berita Hari Ini : Lebih Parah Dari Zaskia Gotik, Pemuda Ini Malah Tendang Lambang Garuda Sekaligus Sebut Pancasila Dengan Pancagila Di Fb !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here