Berita Terkini : Awas , ,Drone Penyebar Internet Milik Google Akan Resmi Mengudara Hari Ini !

0
951
dorne fb

Berita TerkiniĀ  : Awas , ,Drone Penyebar Internet Milik Google Akan Resmi Mengudara Hari Ini !

Indowarta.com– Masih ingat dengan drone bernama Quilla milik Fb? Pesawat yang tidak menggunakan awak ini bertugas untuk menyebarkan internet ke daerah terpencil dan kini mulai penerbangannya.

Selama ini Fb telah melakukan uji coba dengan menerbangkan miniatur Aquilla yang berukuran seperlima dari ukuran aslinya. Sedangkan di dalam penerbangan perdananya ini, drone Fb ini yang digunakan sesuai dengan desain aslinya dan memiliki rentang sayap sedikit lebih lebar dari Boeing 737.

Penerbangan perdana tersebut sekaligus sebagai upaya untuk membuktikan tentang kinerja, kapasitas dan juga desain Aquilla di dunia nyata ini. Aquilla ini akan lepas landas dari sebuah bandar udara milik militer Amerika Serikat yang berada di Yuma, Arizona.

Drone Fb ini telah dirancang untuk bisa terbang secara terus menerus selama tiga bulan. Drone Fb ini akan memancarkan gelombang internet.

Namun selama uji coba, pihak Fb hanya menerbangkannya selama satu setengah jam saja dengan ketinggian 2.000 kaki atau sekitar 600 meter diatas permukaan laut. Selain itu baterai yang digunakan masih berupa lithium ion saja seperti baterai yang dipakai di Ponsel.

dorne fb

Aquilla versi uci coba ini memang masih belum disiapkan untuk melakukan penerbangan selama berbulan-bulan. Selain itu ketinggian yang ditargetkan oleh Fb ini adalah pada 60.000 sampai 90.000 kaki atau sekitar 18 hingga 27 kilometer di atas permukaan laut.

Global Head of Engineering and Infrastructure Facebook Jay Parikh mengatakan bahwa mereka akan berencana untuk memasang panel pemanen energi matahari yang dipasang pada baterai khusus agar bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Masih ada teknologi yang harus dibenahi lagi.

Kendati masih perlu penelitian lagi untuk melengkapi teknologi yang dibutuhkan oleh Aquilla, penerbangan yang dilakukan tersebut merupakan salah satu upaya untuk lebih baik.

Pihak Fb yakin bahwa mereka akan bisa menerbangkan Aquilla hingga ke daerah pedalaman dan akan menjangkau sekitar 4 miliar orang yang belum terjamah internet.

baca juga :

Berita Terkini : Pemilik Akun FB Ini Dilaporkan Gubernur Ke Polda Bali !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here