Berita Terkini : Begini Kronologis Kerusuhan yang Terjadi Di Tanjung Balai, 8 Wihara Alami Kerusakan Parah !

0
11859
vihara

Berita Terkini : Begini Kronologis Kerusuhan yang Terjadi Di Tanjung Balai, 8 Wihara Alami Kerusakan Parah !

Indowarta.com– Sejumlah warga yang merusak dan membakar sdikitnya ada lima tempat ibadah dan juga beberapa unit mobil yang berada di dalam vihara di darah Tanjung Balai, Sumatera Utara pada dini hari tadi. Untuk meredakan kericuhan yang terjadi, ratusan petugas telah dikerahkan ke lokasi kerusuhan.

Salah satu warga setempat yang bernama Haris Tua mengatakan bahwa kerusuhan tersebut dipicu ketika ada seorang warga yang melakukan protes karena merasa terganggu dengan aktivitas ibdah dari umat lain.

Total ada delapan vihara yang berada di Kota Tanjung Balai telah dirusak pada hari Jumat malam 29 Juli 2016. Tidak lama setelah protes tersebut dilayangkan, pengurus tempat ibadah masjid mendatangi rumah warga untuk membicarakannya.

Kabid Humas Polda Sumut yakni Kombes Pol Rina Sari mengatakan bahwa karena suasana pada saat itu mulai memanas, maka warga tersebut beserta suaminya telah diamankan ke Polsek Tanjung Balai Selatan.

Namun karena adanya postingan dari seorang netizen yang menyebutkan mengenai sikap seorang aktivis agama yang protes tersebut, beberapa kelompok masyarakan di Tanjung Balai kemudian berkumpul dan mendatangi rumah dari pelaku.

vihara

Pada saat itu massa sempat membubarkan diri. Namun karena masih tersulut api emosi, mereka kembali ke rumah pelaku dan ingin melakukan pembakaran rumah pelaku. Beruntung bahwa aksi tersebut tidak jadi dilakukan.

Masa menjadi semakin banyak danĀ  semakin tersulut api emosi juga, massa pun bergerak menuju ke Wihara Juanda yang berjarak 500 meter dari Jalar Karya Lalu.Massa yang tersulut emosio tersebut berusaha untuk membakar Wihara tersebut. Namun aksi tersebut dihadang oleh personel Polres Tanjung Balai. Kemudian massa melempari Wihara tersebut dengan menggunakan batu sehingga Wihara mengalami kerusakan.

Tidak berhenti disitu saja, massa yang semakin tersulut emosi kemudian mendatangi Wihara yang lainnya di wilayah kota Tanjung Balai dan melakukan perusakan. Akibat dari kerusuhan tersebut, setidaknya ada delapan Wihara yang dilaporkan telah mengalami kerusakan.

baca juga :

Berita Hari Ini : Inilah Nama Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Yang Diumumkan Oleh Presiden Jokowi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here