Berita Terkini : Terminal 3 Ultimate Akan Mulai beroprasi Tanggal 9 Agustus Besok, Simulasi Akan Digelar !

0
747
terminal 3 ultimate

Berita Terkini : Terminal 3 Ultimate Akan Mulai beroprasi Tanggal 9 Agustus Besok, Simulasi Akan Digelar !

Indowarta.com– Menteri Perhubungan Bud Karya Sumadimengatakan bahwa pengoperasian Terminal 3 Bandarah Soekarnio Hatta akan dimulai pada tanggal 9 Agustus 2016. Namun sebelum itu, Angkasa Pura II dan maskapai Garuda Indonesia harus melakukan simulasi terlebih dahulu.

Budi Karta ketiak berada di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Minggu 31 Juli mengatakan bahwa hari ini akan dilakukan simulasi dengan kegiatan muat penumpang dan bagasi. Kementerian Perhubungan meminta untuk kedua Badan Usaha Milik Negara tersebut untuk melakukan simulasi dengan frekuensi yang tinggi. Nanti pada saat Terminal 3 beroperasi, akan ada sekitar 180 penerbangan.

Dengan penerbangan sebanyak itu, akan ada 360 pergerakan pesawat di terminal bandara terbesar di Indonesia itu. Jika dikalikan dengan jumlah penumpang yang setiap pesawat bisa memuat 150 penumpang, akan ada lebih dari 50.000 penumpang yang pergi dan datang ti Terminal 3.

terminal ultimate 3

Setelah simulasi digelar, Budi mengatakan bahwa Direktoran Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub akan memberika izin kepada Angkasa Pura II. Izin tersebut yang akan menjadi dasar Garuda Indonesia melaukan sosialisasi kepada masyarakat.

Semua hal yang berkaitan dengan verifikasi kini sudah selesai. Terminal 3 Ultimate ini akan siap beroperasi pada tanggal 9 Agustus 2016 nanti untuk yang pertama kalinya. Ada tiga kesiapan hal utama yakni safety, security, dan service yang dinilai sudah cukup untuk perizinan pengorperasian terminal baru ini.

Menurut Budi, semua persiapan sudah diselesaikan dengan sangat baik. Termasuk juga pembangunan AMC (Apron Movement Control) yang selami ini menjadi kendala tertundanya dalam pengoperasian terminal yang akan dioperasikan pada tanggal 9 Agustus 2016 nanti.

Menara AMC merupakan menara yang berfungsi sebagai pemandu lalu lintas udara di terminal 3 ini. Menara ini akan dilengkapan oleh beberapa alat diantaranya adalah transponder. Terminal 3 Ultimate ini mempunyai luas 422.804 meter persegi dan memakan biaya investasi sebesar Rp 7 triliun. Terminal ini akan menjadi basis operasi Garuda Indonesia dan juga seluruh maskapai penerbangan internasional.

baca juga :

Berita Terkini : Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno – Hatta Dipenuhi dengan Santuhan Seniman Berkelas Indonesia !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here