Berita Terkini : Dinilai Akan picu Bencana Global, Nasa Selidiki Asteroid Bennu !

0
1453
asteroid Bennu

Berita Terkini : Dinilai Akan picu Bencana Global, Nasa Selidiki Asteroid Bennu !

Indowarta.com– NASA kini telah berencana untuk meluncurkan probe. Probe sendiri adalah robot yang keluar dari orbit bumi dan akan menjelajah luar angkasa. Robot ini diciptakan bertujuan untuk mempelajari asteroid yang berpotensi akan menghancurkan bumi.

Asteroid yang bernama Bennu telah melintasi bumi setiap enam tahun sekali. Semenjak ditemukan pada tahun 1999, asteroid ini semakin lama semakin mendekat ke bumi. Bennu diperkirakan akan mellintas di antara Bulan dan Bumi pada tahun 2135.

Jarak tersebut dinilai sangat dekat dengan bumi. Diyakini bahwa gravitasi bumia akan bisa memperngaruhi orbit dari asterod Bennu ini. Asteroid ini mempunyai diameter sekitara 487 meter dan mengelilingi matahari dengan kecepatan rata-rata 101 ribu kilometer per jam.

Diperkirakan bahwa peluang terjadinya tabrakan antara asteroid Bennu dengan Bumi ini sangatlah kecil. Namun apabila hal tersebut benar terjadi, maka akan menimbulkan dampak yang signifikan. Diperkirakan asteroid Bennu akan menghantam bumi setara dengan tiga miliar ton bahan peledak yang berkekuatan tinggi atau kalau tidak 200 kali kekuatan bom atom yang telah dijatuhkan di Hirosima.

asteroid Bennu

Profesor Mark Bailey dari Armagh Observatory di Irlandia Utara mengatakan bahwa asteroid Bennu ini akan bisa menyebabkan bencana global. NASA berencana untuk meluncurkan probe Osiris Rex untuk memperlajari Bennu pada bulan September mendatang.

Probe ini akan mengorbit di Matahari selamla satu tahun untuk membangun kekuatan sebelum dia kembali ke sekitar Bumi dan menggunakan gravitasi dari planet lain untuk menyelaraskan orbintya dengan Benny.

Osirix Rex akan menghabiskan pemetaan asteroid selama satu tahun. Setelah itu dian akan melayang di atas permukaan asteroid untuk mengambil beberapa puing sebelum pada akhirnya dia kembali lagi ke Bumi. Untuk para ilmuwan, puing-puing dari Bennu yang mengandung karbon tersebut sangatlah berharga dan menarik.

Dante Lauretta yang merupakan profesor ilmu planet dari Arizona Univercity mengemukakan bahwa Bennu tersebut adalah asteroid yang terdiri dari karbon. Selain itu Bennu juga merupakan peninggalan kuno dari awal tata surya  yang penuh dengan molekul.

baca juga :

Berita Terkini : Rayakan Ulang Tahun Ke 36, Saipul Jamil Tetap Ngotot Bantah Suap Panitera !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here