Berita Hari Ini : Kejaksaan Agung Akan Tetap Gelar Eksekusi Mati Untuk 10 Terpidana Mati !

0
1112
eksekusi mati

Berita Hari Ini : Kejaksaan Agung Akan Tetap Gelar Eksekusi Mati Untuk 10 Terpidana Mati !

Indowarta.com– Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampipdum) Noor Rachmad membeberkan alasan terkait dengan 10 terpidana mati yang tidak jadi di eksekusi mati jilid III pada hari Jumat 29 Juli 2016 dini hari.

Alasannya adalah pertimbangan non Yuridis atau bukan karena masalah hukum. Meskipun sudah diatur dalam Undang-Undang, Noor menyebutkan bahwa hal tersebut sudah wajar.

Ketika berada di Komplek Kejaksaan Agung, Jakarta pada hari Senin 1 Agustus 2016 Noor mengatakan “Enggak masalah. Tapi kan ada itu yang didahulukan, ada pertimbangan,”. Namun dirinya hingga saat ini masih enggan menjelaskan apa saja yang menjadi alasan non yuridis tersebut sehingga eksekusi mati terhadap 10 terpidana tersebut telah ditangguhkan.

eksekusi mati

Begitu pula ketika disinggung apakah alasan non yuridis tersebut terkait dengan surat yang dikirimkan Presiden RI ke tiga yakni BJ Habibi untuk Presiden Joko Widodo. Pada saat itu Noor menyebutkan bahwa nantinya akan dijelaskan oleh Kapuspenkum Kejagung. Namun Noor telah menegaskan bahwa eksekusi mati terhadap 10 terpidana mati tersebut akan tetap dilakukan dalam waktu yang dekat ini.

10 terpidana mati tersebut adalah Agus Hadi asal Indonesia, Pujo Lestari asal Indonesia, Marry Utami asal Indonesia, Ozias Sibanda asal Zimbawe, Obina Nwajagu Bin Emeuwa asal Nigeria, Fredderik Luttar asal Zimbawe, Gurdip Singh asal India, Zulfiqar Ali asal Pakistan, Eugene Ape asal Nigeria dan yang terakhir adalah Okonkwo Nongso Kingsley asal Nigeria.

Sementara itu terkait dengan beritarnya berita anggaran pelaksanaan eksekusi mati tahap II ini yang mencapai 7 miliar, Noor menampik kabar tersebut. Noor menyebutkan bahwa Anggaran sebesar Rp 200 juta untuk dua lembaga langsung dalam acara eksekusi tersebut. Anggaran Rp 200 juta itu untuk satu terpidana mati.

Noor menegaskan bahwa meski sudah disiapkan oleh Kementerian Keuangan, anggaran eksekusi mati tersebut masih belum sepenuhnya bisa cair. Proses pencairan dilakukan per pelaksanaan eksekusi mati dilaksanakan.

baca juga :

Berita Hari Ini : Polri Nyatakan Kebenaran Atas Eksekusi Mati yang dilakukan Jumat Dinihari Tadi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here