Berita Terkini : Aroma Belerang Tercium Pekat Di Pos Pengamatan Gunung Bromo !

0
824
gunung bromo

Berita Terkini : Aroma Belerang Tercium Pekat Di Pos Pengamatan Gunung Bromo !

Indowarta.com– Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Bromo Wahyu Andrian mengatakan bahwa bau belerang dari kawah Gunung Bromo sudah tercium sampai Pos Pengamatan Bromo yang berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada hari Selasa 2 Agustus 2016.

Wahyu menyatakan bahwa bau belerang kategori sedang sudah terciuim hingga Pos Pengamatan Gunung Bromo pada pagi hari ini. Namun pada saat matahari sudah terbit, bau belerang muali terurai.

Petugas juga harus memakai masker untuk melakukan pengecekan alat di bibir kawah karena asap dan bau belerang bisa mengakibatkan sesak nafas. Namun demikian, bau belerang tersebut sudah menurun dan masuk kategori rendah.

Gemuruh di kawah Gunung Bromo juga sempat membuat kaca dan pintu di Pos Pengamatan Gunung Bromo bergetar. Namun tidak ada perabotan yang rusak karena getaran dari suara gemuruh tersebut.

gunung bromo

Pada tanggal 2 Agustus 2016 aktivitas Gunung Bromo terpantau secara visual yakni cuaca cerah hingga mendung, angin bertiup dengan tenang hingga kencang. Selain itu suhu udara mencapai 5 hingga 21 derajat celcius, Gunung Bromo terlihat jelas hingga berkabut.

Asap kawah teramati berwarna putih kelabu kecoklatan dari yang tipis hingga tebal, tekanan lemah hingga tebal, tinggi asap berkisar 50 hingga 600 meter dari puncak kawah ke arah barat daya hingga utara. Kemudian juga terdengar suara gemuruh lemah hingga kuat.kaca dan pintu pos Pengamatan Gunung Berapi bergetar dan juga bau belerang sedang tercium hingga pos pengamatan.

Jika secara Seismik, pada 1 Juli 2016 tercata bahwa gempa termor menerus dengan amplitudo maksimum 1 hingga 13 milimeter dan amplitudo dominan 3 mililmeter. Gempa tektonik terjadi satu kali jauh dengan aplitudo maksimum 34 milimeter dengan lama gempat 159 detik.

Sementara itu Kepala Sub Bidang Pengamatan dari Penyelildikan Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulaknologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yakni Hendra Gunawan mengatakan bahwa bau belerang yang sudah tercium di pos tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

baca juga :

Masuki Bulan Agustus Penjual Atribut Kemerdekaan Mulai Dibanjiri Pesanan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here