Berita Hari Ini : Gunung Gamalama Erupsi, Bandara Babullah Ternate Ditutup !

0
1060
gunung gamalama

Berita Hari Ini : Gunung Gamalama Erupsi, Bandara Babullah Ternate Ditutup !

Indowarta.comGunung Gamalama yang terletak di Kotan Ternatt, Maluku Utara kini kembali meletus. Karena kejadian tersebut, Bandara Babullah pada pagi ini telah ditutup sementara. Rencanya penutupan tersebut akan dilakukan hingga hari Kamis 4 Agustus 2016 pukul 10.00 WIB.

Penutupan Bandara ini karena langit di Ternate telah tertutup oleh  abu vulkanik erupsi dari Gunung Gamalama. Pos Pengamatan gunung api Gamalama PVMBG telah melaporkan bahwa Gunung Gamalama meletus lemah. Material berupa abu vulkanik dengan ketinggian 500 hingga 600 meter menuju ke arah tenggara hingga selatan pada pukul 06.28 WIT pada hari Rabu 3 Agustus 2016.

Purwo Nugroho selaku Humas BNPB mengatakan bahwa letusan Gunung Gamalama tersebut diduga karena dipicu oleh gempat yang terjadi pada pukul 06.14 WIT. Gempa tektonik tersebut telah terekam mempunyai kekuatan 4,6 skala Richter.

Menurut pernyataan dari BMKG, pusat gempa berada dari 86 kilometer barat daya Halmahera Barat dengan kedalaman 18 kilometer.  Selain itu gempa ini juga diikuti oleh gempa tremor terus menerus dengan amplitudo maksimum 1,5 mm.

gunung gamalama

Guncangan dari gempa tersebut telah menyebabkan tekanan di dalam dapur magma Gunung Gamalama. Kemudian pada pukul 06.28 WIT telah terjadi erupsi tipe eksplosif lemah. Sebanyak tiga kali telah terdengar suara gemuruh yakni pada pukul 07.09 WIT, 07.12 WIT dan 07.13 WIT. Pada pukul 06.55 WIT, embusan abu mulai menurun.

Pemantauan di lapangan oleh petugas BPBD dan juga PVMBG menunjukkan bahwa material abu telah ditemukan tipis di daerah Ake Huda atau di sebelah selatan-tenggara lereng Gunung Gamalama. Kini PVMBG sendiri telah menyusun VONA atau Volcanic Obsevatory Notice for Aviation guna peringatan sebaran abu vulkanik di udara untuk keselamatan penerbangan telah dibuat dan dikirimkan ke pihak yang bersangkutan.

Kini tingkat aktivitas dari Gunung Gamalama masih berstatus waspada level 1. Dianjurkan untuk para penduduk agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1,5 kilometer.

baca juga :

Berita Terkini : Dinilai Akan picu Bencana Global, Nasa Selidiki Asteroid Bennu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here