Berita Hari Ini : Bandara Ternate Ditutup, Maskapai Tak Wajib Tanggung Biaya Akomodasi !

0
764
bandara ternate ditutup

Berita Hari Ini : Bandara Ternate Ditutup, Maskapai Tak Wajib Tanggung Biaya Akomodasi !

Indowarta.com– Kepala Bandara Ternate yakni Anung Bayumurti mengatakan bahwa maskapai penerbangan tidak wajib untuk menanggung biaya akomodasi calon penumpang. Hal itu telah disampaikan oleh Anung terkaiot dnegan protes yang telah dilakukan oleh beberapa calon penumpang.

Para penumpang tersebut menuntut ganti rugi atas biaya akomodasi terhadap maskapai penerbangan karena penutupan dari Bandara Babullah Ternate. Sudah sejah hari Kamis 4 Agustus 2016 Bandara Babullah telah ditutup karena abu vulkanik oleh Gunung Gamalama.

Anung menegaskan bahwa kompensasi dari akomodasi ini dilakukan jika ada kesalahan atau pembatalan peberbangan darang dari maskapai penerbangan tersebut. Pada hari Jumat 5 Agustus 2016 Anung mengatakan “Ada aturan menteri bahwa apabila kondisi tidak terlayani, penumpang dapat diberi kompensasi atau ganti rugi jika diakibatkan airlines. Tapi ini kan tidak, sehingga airlines tidak punya kewajiban,”.

Perusahaan penerbangan hanya berkewajiban mengemballikan uang penumpang tersebut dari harga tiket jika ada yang melakukan refund. Untuk besaran uang yang dikembalikan tersebut tergantung pada masing-masing maskapai penerbangan.

Rencananya penumpang akan diberangkatkan melalui Bandara Sam Ratulangi Manado tanpa harus menambah biaya lagi. Hal tersebut juga sudah dibahas bersama dengan maskapai penerbangan. Hanya saja biaya kapal dari Ternate ke Manado h arus ditanggung oleh penumpang sendiri.

bandara ternate ditutup

Anung mengatakan “Untuk Garuda bersedia, hanya itu bisa dilakukan jika seat masih tersedia. Lagi pula harus melihat jadwal, jangan sampai mengalami keterlambatan karena dari Ternate dengan kapal,”. Sedangkan alternatif lain adalah dengan cara melalui Bandara Kuabang Kao, Kabupaten Halmahera Utara. Namun jumlah dari pesawat disana sangatlah terbatas yakni¬† dari Wings Air.

Penutupan Bandara ini dilakukan karena landasan pacu pesawat terdampak semburan abu vulkanik dari gunung Gamalama. Hal ini tentu akan mengganggu penerbangan. Pihak bandara akan terus berkoordinasi dengan pihak PVMBG Bandung dan juga pemerintah Kota Ternate.

Keputusan untuk membuka kembali Bandara ini akan dipastikan setelah diadakan rapat internal dengan melibatkan beberapa pihak yang terkait.

baca juga :

Berita Hari Ini : Gunung Gamalama Erupsi, Bandara Babullah Ternate Ditutup !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here