Berita Terkini Kalijodo: Tak Hanya Alasan Penertiban, Metode Penggusuran Kalijodo Dipertanyakan !!

1
2273
Kalijodo

Berita Terkini Kalijodo: Tak Hanya Alasan Penertiban, Metode Penggusuran Kalijodo Dipertanyakan !!

Indowarta.com– Rencana penertiban kalijodo untuk dikembangkan sebagai Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) sudah berjalan sampai surat peringatan pertama (SP1). Akan tetapi, rencana penertiban secara keseluruhan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini dipertanyakan oleh Institute Ecosoc yang bernama Sri Palupi.

Ia melihat bahwa ada alasan yang dijadikan sebagai latar belakang penertiban Kalijodo tidak terlalu mendasar sekali. Kedua alasan yang dimaksud adalah Lokalisasi dan mengembalian fungsi Ruang Terbuka Hijau di Kalijodo.

Ia mengatakan bahwa ada dua alasan yang digunakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Kalau lokalisasi digusur, harusnya (Hotel) Alexis juga digusur, dong. Kemudian berubah, bukan lokalisasi, ini RTH. Ditanya lagi, kalau RTH, bukan hanya Kalijodo.

Hal ini juga diungkapkan oleh sejarahwan JJ Rizal dalam kesempatan yang sama. Ia mengatakan bahwa penertiban Kalijodo merupakan kebijaan yang muncul secara Insidental yakni bertepatan dengan adanya kecelakaan Toyota Fortuner B 201 RFD yang dikendarai Riki Agung Prasetio.

Terlepas dari latar belakang tentang penertiban tersebut, Palupi sangat menyayangkan metode dan cara yang dipakai oleh Pemeritah Provinsi DKI Jakart dalam penertibannya di Kalijodo.

Kalijodo-

Cara yang dimaksud adalah terkesan tergesa-gesa dan tidak mempunyai upaya untuk mendengar apa yang diinginkan oleh Warga.

Ia juga menambahkan bahwa Tidak ada ruang untuk mencari tahu, benar enggak sih Kalijodo seperti itu, kan yang mendefinisikan pemerintah. Malahan, data yang saya dapat, PSK di sana jumlahnya enggak sampai setengah dari total warga di Kalijodo.

Gubernur DKI Jakarta Ahok mengatakan bahwa tidak berminat ke Kalijodo. Hal ini untuk mencegah Hal – hal yang tidak di inginkan. Akan tetapi di satu sisi, warga malah menginginkan Ahok untuk langsung turun ke lapangan menemui mereka untuk mencari solusi bersama daripada penertiban yang terkesan dilakukan terasa mendadak ini.

Ada juga yang mengira bahwa kasus Kalijodo ini berbau Unsur Politis. Akan tetapi Ahok mengatakan Bahwa penertiban Kalijodo murni pekerjaannya sebagai kepala daerah. Dia juga membantah jika penertiban di Kalijodo dikaitkan dengan upayanya untuk maju sebagai calon gubernur di pilkada 2017

baca juga : Berita Hari Ini : Puluhan Brimob Sudah Mulai Mendarat Di Kawasan Kalijodo, Gusur ?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here