Berita Hari Ini : Full Day School Diusulkan Oleh Mendikbud, Ini Alasannya !

    0
    1384
    full day school

    Berita Hari Ini : Full Day School Diusulkan Oleh Mendikbud, Ini Alasannya !

    Indowarta.com– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yakni Muhadjir Effendy telah meggagas sistem “full day school” untuk pendidikan dasar yakni SD dan SMP baik negeri maupun swasta. Alasannya menggagas sistem ini adalah agar anak tidak sendiri ketika orang tua mereka masih berkerja.

    Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada hari Minggu 7 Agustut2016 mengatakan bahwa dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan  terbangun karakternya dan tidak akan menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulan dari berkerja.

    Menurut Effendy, jika anak-anak tetap berada di sekolah mereka akan bisa menyelesaikan tugas sekolah mereka sembari menunggu mereka dijemput oleh orang tua mereka masing-masing. Tidak hanya itu, anak-anak jadi bisa pulang bersama dengan orang tuan mereka masing-masing dan juga mereka tetap dalam pengawasan khususnya oleh orang tua.

    full day school

    Sedangkan untuk aktifitas yang lainnya seperti mengaji bagi yang beraga Islam, pihak sekolah bisa memanggil guru mengaji atau ustazd yang sudah berpengalaman dan juga mempunyai jejak rekam yang baik. Dikhawatirkan mereka akan diajari hal-hal yang menyimpang apabila mereka mengaji di luar sekolah.

    Menanggapi penerapan sistem full day school ini pada pendidikan dasar, mantan Rektor dari UMM itu mengatakan bahwa hal ini juga masih memerlukan sosialisasi di sekolah, mulai dari pusat hingga daerah. Rencananya juga akan ada payung hukum yang melindunginya yakni Peraturan Menteri (Permen). Namun pada saat ini sosialisasi dilakukan terlebih dahulu secara intensif.

    Ketiak Muhadjir berbicara di hadapan ratusan kader Muhammadiyah kota Malang, dia mengatakan bahwa dirinya akan terus berupaya untuk merestorasi pedidikan dasara dan juga menengah. Tidak ketinggalan juga pendidikan karakter bagi anak didik. Tidak hanya itu, dirinya juga akan membuat kebijakan yang berkaitan dengan profesionalisme para tenaga pendidik.

    Sedangkan untuk jenjang pendidikan SMK dan juga SMA, Muhadjir masih mencari formulasi yang tepat untuk itu. Hal ini dikarenakan semua lulusan SMA melanjutkan ke tahap pendidikan perguruan tinggi. Walau demikian, tidak semua lulusan SMK juga akan langsung berkerja. Ada juga yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

    baca juga :

    Berita Hari Ini : Inilah Nama Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Yang Diumumkan Oleh Presiden Jokowi !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here