Berita Terkini : Menag Himbaukan 5 Hal Ini Kepada Jemaah Haji Di Tanah Suci !

0
815
jamaah haji

Berita Terkini : Menag Himbaukan 5 Hal Ini Kepada Jemaah Haji Di Tanah Suci !

Indowarta.com– Menteri Agama yakni Lukman Hakim Saifuddin telah memberikan llima pesan penting untuk para jamaah haji tahun 2016 ini yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Diharapkan agar para jamaah haji bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang dan juga khusuk.

Lukman Hakim mengatakan “Ada lima hal utama untuk jadi cermatan kita semua yang akan menunaikan ibadah haji. Yang paling utama adalah menjaga kesehatan. Kesehatan adalah mahkota kita, tanpa modal sehat kita tidak bisa ibadah,”.

Pesan yang kedua dari Lukman adalah mempelajari tentang manasik haji dan juga jangan terlalu fokus kepada amaliah sunar seperti mengelilingi kabar. Hal ini akan terlalu banyak menyita energi. Pasalnya puncak ibadah haji adalah wukuf sehingga para jamaah haji harus benar-benar menjada kesehatan.

jamaah haji

Pesan yang ketiga adalah patuhi para petugas ataupun ketua kloter. Diharapkan agar percaya akan semua peraturan yang dibuat untuk kemaslahatan bersama, bukan hanya untuk perorangan. Indonesia merupakan jamaah terbesar di dunia, oleh sebab itu dengan sangat untuk mematuhi peraturan yang sudah ada.

Pesan yang keempat adalah selain sebagai tamu Allah, para jamaah juga merupakan duta bagi bangsa yang telah membawa nama baik Indonesia. Oleh sebab itu diharapkan agar para jamaah Indonesia bisa menempatkan diri dengan baik agar tidak merusa nama baik Indonesia karena semua umat di dunia telah berkumpul disana.

Pesan yang terkakhir adalah harus berdoa agar ibadah haji yang dilakukan adalah ibadah haji yang diridhoi oleh Allah sehingga menjadi Haji yang Mabrur. Tidak ketinggalan juga bahwa Lukman juga mengingatkan untuk mendoakan sanak saudara, Handai taulan dan juga seluruh masyarakat Indonesia agar bisa menghadapi persoalan yang dihadapi.

Disisi lain, Dirjen Penyelenggaraan haji dan Umrah yakni Abdul Djamil mengatkan bahwa jemaah Haji Indonesia kloter pertama ini akan diberangkatkan melalui 13 embarkasi. Sembilan embarkasi yang pertama akan memberangkatkan jamaah haji yang akan berangkat pada kloter pertama.

baca juga :

Berita Hari Ini : Fasilitas Tambahan yang Akan Diterima Oleh Jamaah Haji Indonesia Tahun Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here