Hiu Tertua Berumur 400 Tahun Ini Diklaim Jadi Vertebrata Tertua Di Dunia !

0
1637
hiu tertua

Hiu Tertua Berumur 400 Tahun Ini Diklaim Jadi Vertebrata Tertua Di Dunia !

Indowarta.com– Baru baru ini ilmuwan telah menemukan fakta bahwa Greenland menjadi hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang dengan umur yang paling tua di Bumi. Para peneliti telah mengungkapkan bahwa menggunakan penanggalan radiokarbon untuk menentukan usia 28 tahun hiu Greenland dan memperkirakan bahwa salah satu betinya telah berumur 400 tahun lamanya.

Penelitian yang telah dipublikasikan ini mengungkapkan bahwa hiu Greenland ini hanya tumbuh satu sentimeter pada setiap tahunnya. Hiu tertua ini mencapai kematangan seksualnya pada usia 150 tahun.

Julius Nielsen yang merupakan penulis utama sekaligus ahli biologi laut dari University of Copenhagen mengatakan “Kami memiliki ekspektasi saat sedang menghadapi hewan yang tak biasa, namun aku pikir semua orang yang melakukan penelitian sangat terkejut bahwa hiu tertua ini memiliki umur setua itu,”.

hiu tertua

Sebelum ini, rekor usia vertebrata tertua ini telah dipegang oleh paus kepala busur dengan perkiraan umur 211 tahun. Namun untuk usia terpanjang kini telah dipegang hewan invertebrata yakni sebuah kerang yang bernama Ming. Kerang ini diperkirakan mempunyai umur 507 tahun.

Hiu Greenland ini merupakan monster besar yang bisa tumbuh hingga 5 meter. Hiu Greenland ini bisa ditemukan di perairan dingin dan dalam Atlantik Utara. Hiu ini telah diyakini bisa hidup lama. Hal ini karena hidupnya yang santai dan tingkat pertumbuhan yang lambat. Namun, untuk menentukan usia dari hewan ini termasuk perkara yang sulit.

Sedangkan untuk beberapa ikan yang lainnya, para ilmuwan bisa meneliti tulang telinga mereka atau yang disebut dengan otolith. Bagian tersebut adak menunjukkan pola lingkaran konsentris pada saat dipotong. Hal ini bisa digunakan sebagai petunjuk berapa umur yang dimiliki oleh hewan tersebut layaknya cincin di batang pohori.

Walaupun menentukan umur hiu ini jauh lebih sulit, untuk beberapa spesies seperti hiu tertua putih terdapat jaringan keras di lapisan tulang untuk bisa menentukan usia dari hiu tersebut. Namun hingga saat ini para peneliti masih belum menemukan cara yang lebih cerdas untuk menentukan umur dari hiu greenland.

baca juga :

Antusiasme Pecinta Liga Inggris Kala RCTI Sukses Pegang Hak Siar Barclays Premier League !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here