Riau Peringati HUT RI Ke 71 Dengan Kepungan 278 Titik Panas, Kabut Asap Makin Parah !

    0
    694
    kabut asap

    Riau Peringati HUT RI Ke 71 Dengan Kepungan 278 Titik Panas, Kabut Asap Makin Parah  !

    Indowarta.com- Kebakaran hutan dan juga lahan di Riau hari ini semakin meluas saja. berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini titik panas di Riau mencapai 278 titik.

    Jumlah titik panas atau hot spot ini menunjukkan jumlah terbanyak selama tahun 2016. Berdasarkan pantauan dari BMKG Pekanbaru, titik panas atau hot spot terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Slamet Riadi salah satu staf analisa BMKG pada hari Rabu 17 Agustus 2016 mengatakan bahwa berdasarkan pantauan satelit Terra dan juga Aqua, hot spot di Rohil mencapai 123 titik.

    Ada 36 titik panas di Kabupaten Meranti, di Rohul tercatat ada 30 titik panas, ada 28 titik panas di Kabupaten Siak. Tidak hanya di Riau, di Pulau Sumatera juga telah ditemukan sebanyak 365 titik panas dengan terbanyak di Provinsi Riau.

    Selain di Riau, di pulau Sumatera telah ditemukan titik panas di Sumater Utara dengan jumlah 42 titik panas, Provinsi Bangka Belitung sebanyak 27 titik panas, Jambi terdapat 5 titik panas. Selanjutnya di Sumatera barat terdapat 4 titik panas, dan juga Kepulaian Riau terdapat 2 titik panas.

    kabut asap

    Sementara itu, terkait dengan kebakaran hutan yang terjadi di Porvinsi Riau telah membuat Anggota VII DPR RI yakni Rofi Munawar meminta tindakan antisipasi dari Pemerintah agar kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Riau tidak meluas lagi.

    Rofi mengatakan “Mitigasi dini dan respon cepat petugas akan sangat menentukan pencegahan kebakaran hutan serta lahan yang saat ini mulai terjadi di Provinsi Riau,”. Di dalam sepekan terakhir, terjadi peningkatan tren cukup drastis kebakaran hutan dan juga lahan di Provinsi Riau.

    Kini kebakaran tersebut sudah meluas ke Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, yang terjadi di Daerah Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, yang menjadi lahan milik warga. Maka dari itu, dirasa sangat perlu tindakan antisapasi tersebut.

    baca juga :

    Berita Hari Ini : NDS, Pengunggah Status Berbau Penistaan Agama Di FB Mengaku Hanya Iseng !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here