Berita Terkini : Kenapa Jessica Wongso Tak Diperiksa Pakai Lie Detector ?

0
2526
Jessica wongso

Berita Terkini : Kenapa Jessica Wongso Tak Diperiksa Pakai Lie Detector ?

Indowarta.com– Ahli Psikiater forensik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo RSCM yakni dr. Natalia Widiasih Raharjanti mengatakan bahwa Jessica Wongso yang merupakan terdakwa kasus pembunuhan berencana dengan korban Wayan Mirna Salihin tidak diperiksa dengan menggunakan alat lie detector.

Natalia di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada hari Kamis 18 Agustus 2016 mengatakan bahwa Lie detector tidak dilakukan kepada Jessica Wongso. Lie detector sendiri merupakan alat bantu yang digunakan untuk membantu menguji konsistensi pernyataan seorang dengan mendeteksi perubahan suhu dan respon tubuh.

Jika ada perubahan respons dan juga suhu tubuh, maka di dalam pernyataannya tersebut ada inkonsistensi jawaban. Menurut Natali, Tim Natalia memang tidak menggunakan lie detector. Hal ini karena dinilai alat tersebut memiliki kekurangan. Natalia mengatakan bahwa kepada orang yang tenang sekali, alat ini tidak akan berguna.

Oleh karena hal tersebut, psikiater forensik memakai cara lain untuk melakukan pemeriksaan kepada Jessica Wongso. Cara yang dimaksud adalah dengan cara menggunakan data sekunder. Dari data tersebut, Natalia telah berhasil menemukan enam inkonsistensi antara keterangan yang diberikan oleh Jessica dan juga fakta dari penilaian orang lain atau bukti lainnya.Jessica wongso

Sementara itu, tim kuasa hukum telah menolak psikiater forensik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tersebut untuk bersaksi di dalam persidangan kasus pembunuhan berencana Mirna ini.

kuasa hukum Jessica yakni Otto Hasibuan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat  pada hari Kamis mengatakan bahwa pihaknya merasa keberatan apabila. Otto mengatakan “Yang dua kan tidak ada dalam BAP, kalau bicara sebagai tim, kan satu saja cukup,”.

Di dalam berita acara pemeriksaan (BAP) hanya ada dr. Natalia Widyasih. Sedangkan dua psikiater lainnya dari Tiom RCM tidak ada di dalam BAP. Selain itu Otto menolak Natallia karena pernah membantu penyidik untuk memeriksa Jessica.

Menanggapi keberatan tersebut, Majelis hukum telah bermusyawarah dan juga memutuskan hanya dr. Natalia yang boleh memberikan ketarangan.

baca juga :

Berita Hari Ini : Sidang kasus Jessica Wongso Harus Diputuskan paling Lambat Bulan November ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here