Berita Terkini : Pemerintah Indonesia Pastikan Dua Dari 11 Sandera WNI Abu Sayyaf Berhasil Meloloskan Diri !

0
1072
abu sayyaf

Berita Terkini : Pemerintah Indonesia Pastikan Dua Dari 11 Sandera WNI Abu Sayyaf Berhasil Meloloskan Diri !

Indowarta.com– Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan yakni Wiranto telah memastikan bahwa ada dua dari 11 sandera warga negara Indonesia oleh Abu Sayyaf di Filipina telah berhasil melarikan diri. Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Kamis 18 Agustus 2016 mengatakan “Kita dapat hadiah 17-an. Kemarin dapat berita dua orang lolos dari tangan penculik,”

Dua WNI yang berhasil melarikan diri tersebut adalah bernama Sofyan dan juga Ismail. Kini Sofyan berada di Zambuanga. Sementara itu Ismail berada di Sulu. Kedua sandera yang berhasil melarikan diri ini kini tengah menjalani pemeriksaan kesehatan dan sudah berada di otoritas Filipina.

abu sayyaf

Namun Wiranto masih merasa enggan untuk mengungkapkan bagaimana cara kedua WNI anak buah kapal niaga tersebut bisa lolos dari penculikan. Wiranto mengatakan biar mereka berdua yang akan bercerita sendiri bagaimana prosesnya melarikan diri dari penculik.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Filipina sendiri telah mengkonfirmasi tentang hal tersebut. KBRI kini tengah mengawal pemeriksaan kesehatan sandera di Filipina untuk kemudian dibawa kembali ke Tanah Air.

Untuk kedepannya, Wiranto berharap agar perkembangan pembebasan sisa para sandera lebih baik lagi. Pemerintah Filipina sendiri juga telah memberikan peringatan yang serius kepada para penyandera melalui tekanan militer sekaligus psikologis.

Mayor Filemon Tan dari Komando Mindanao mengatakan bahwa hingga saat ini Abu Sayyaf masih menahan sebanyak 15 sandera asing. Sandera tersebut termasuk seorang warga Norwegia, seorang warga Belanda, lima orang warga Malaysia dan juga delapan warga Indonesia.

Selain itu Abu Sayyaf juga telah menyandera delapan warga Filipina di persembunyian mereka di hutan belantara Filipina Selatan. Presiden Filipina yakni Rodrigo Duterte telah memerintahkan tentara untuk menumpas kaum militan Islam di Filipina Selatan jika tidak ingin Filipina terkontaminasi oleh ISIS.

Penyanderaan ini bukan merupakan yang pertama kali terjadi. Dalam tahun ini, penyanderaan oleh kelompok Abu Sayyaf sudah terjadi sebanyak tiga kali.

baca juga :

Berita Hari Ini : Begini Kesepakatan Indonesia Dan Filipina Terkait Pembajakan Abu Sayyaf !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here