Berita Hari Ini : Per 1 Oktober Nanti, Tarif KRL Jabodetabek Naik Rp 1.000 !

0
987
tarif krl

Berita Hari Ini : Per 1 Oktober Nanti, Tarif KRL Jabodetabek Naik Rp 1.000 !

Indowarta.com– KAI Commuter Jabodetabek atau KCJ kini telah menaikkan tarif seluruh relasi Commuter Line sebesar Rp 1.000. Tarif ini akan berlaku pada 1 Oktober 2016.

M Fadhil Direktur Utama dari PT KCJ mengatakan bahwa kenaikan tarif baru ini sudah sesuai degnan Peraturan Menteri Perhubungan No 35/2016 tentang tarif angkutan orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk melaksanakan kewajiban pelayanan publik.

Selainitu, Fadhil juga menyebutkan bahwa harga tarif ini juga sudah mempertimbangkan kemampuan daya beli dari masyarakat yang semakin meningkat dan juga pelauyanan KRL yang kini juga menjadi semakin membaik.

Fadhil di Gedung Jakarta Railway Center, Jakarta Pusat pada hari Kamis 18 Agustus 2016 mengatakan bahwa tarif untuk 25 kilometer pertama dari Rp 2.000 akan menjadi Rp 3.000 mengalamai kenaikan sebesar Rp 1.000. Kemudian untuk 10 kilometer selanjutnya berlaku kelipatan tetap sama yaitu Rp 1.000.

tarif krl

Seiring dengan diberlakukannya kenaikan harga ini, Fadhil mengaku bahwa KAI akan meningkatkan juga pelayanan dan juga jasa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan cara memperpanjang rangkaian KRL yang sebelumnya ada delapan gerbong dan kini akan ditambah lagi menjadi dua belas gerbong rangkaian kereta.

Fadhil mengatakan bahwa tidak hanya itu, penambahan gerbong kereta ini juga akan diikuti dengan pembangunan prasaran, stasiun berupa perpanjangan peron, pembuatan beberapa fasilitas disabilitas untuk melengkapi yang telah ada.

Direktur Utama PT KCJ M Fadhil menegaskan bahwa pihaknya akan segera melakukan sosialiasai kenaikan tarif ini kepada para penumpang. Salah satu cara untuk melakukan sosialisasi tersebut adalah denganĀ  cara memasang spanduk di setiap stasiun maupun iklan media di dalam kereta.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri pada saat konferensi pers di Jakarta Railway Center, Juanda, Jakarta Pusat, Kamis 18 Agustus 2016 mengatakan bahwa sejak tahun 2012 tarif KRL tidak mengalami peningkatan sama sekali. Sementara itu kebutuhan transportasi semakin menaik karena inflasi.

baca juga :

Berita Hari Ini : Harga Rokok Akan Dinaikkan Jadi Rp 50.000 Per Bungkus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here