Berita Terkini : 177 WNI Pakai Paspor Filipina Demi Berangkat Haji, Lantaran Kuota Indonesia yang Sudah Tak Mampu Penuhi !

    0
    1779
    haji

    Berita Terkini : 177 WNI Pakai Paspor Filipina Demi Berangkat Haji, Lantaran Kuota Indonesia yang Sudah Tak Mampu Penuhi !

    Indowarta.com- Ada sebanyak 177 warga negara Indoneisa (WNI) telah memakai paspor Filipina untuk berangkat haji. Mereka telah dibantu dengan sindikat pemalsu paspor. Para WNI tersebut telah memangaatkan kuota dari jemaah Haji Filipina.

    Dengan menggunakan pesawat Philippine Airliner (PAL) dengan nomor penerbangan PR 8969 di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA), Manila, para WNI ini akan terbang menuju ke Madinah pada hari Jumat 19 Agustus 2016 dini hari.

    Mereka semua hendak menjalan ibadah haji. Sementara itu Biro Imigrasi NAIA sendiri telah melarang 177 WNI untuk naik ke pesawat pada saat mereka diketahui bukan merupakan warga negara Filipina.

    Biro Imigrasi NAIA menyebutkan bahwa penyelidikan awal telah menyebutkan bahwa WNI tersebut telah menggunakan paspor Filipina untuk bisa menunaikan ibadah haji dengan menggunakan kuota yang disediakan untuk jemaah haji Filipina oleh otoritas Arab Saudi.

    haji

    Di dalam melancarkan aksinya tersebut, mereka tidak sendiri, mereka didampingi oleh lima warga Filipina yang diyakini sebagai sindikat pemalsu paspor dan penyelenggara haji untuk para WNI tersebut. menurut lima warga negara Filipina tersebut, sudah tidak ada lagi kuota haji tersisa bagi Indonesia.

    Diketahui bahwa selang beberapa minggu sebelum keberangkatan mereka ke Arab Saudi, para WNI ini tiba di Filipina secara terpisah sebagai turis. Para WNI tersebut ternyata sama-sama menyebutkan Jolo, Sulu sebagai alamr mereka sementara di Filipina. Agar bisa mendapatkan paspor Filipina untuk digunakan berangkat haji, para WNI ini telah membayar sebesar US$ 6 ribu – US$ 10 ribu (Rp 78 juta – Rp 131 juta) setiap orangnya.

    Jaime Morente yang menjabat sebagai Komisioner Biro Imigrasi Bandara NAIA menyebutkan bahwa pihaknya telah meningkatkan pengawasan setelah mendapatkan informasi bahwa ada WNI yang menggunakan paspor Filipina untuk berangkat Haji.

    Pada awalnya pihak otoritas imigrasi bandara telah mendapatkan dua nama warga Filipina yang diduga akan mengawal para WNI ini. Namun setelah dilakukan pemeriksaan telah ditemukan lima warga yang mengawal WNI ini. Kini kelima warga Filipina teresbut telah ditahan.

    baca juga :

    Berita Terkini : Menag Himbaukan 5 Hal Ini Kepada Jemaah Haji Di Tanah Suci !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here