Berita Terkini : Mengkaji Lebih Dalam Mengenai Wacana Harga Rokok Naik Jadi Rp 50.000, Bijak Kah ?

0
4012
harga rokok

Berita Terkini : Mengkaji Lebih Dalam Mengenai Wacana Harga Rokok Naik Jadi Rp 50.000, Bijak Kah ?

Indowarta.com– Salah satu raksasa perusahaan rokok di Indonesia yakni PT. HM Sampoerna Tbk menilai bahwa kenaikan cukai rokok memang harus dipertimbangkan secara menyeluruh. Head of Regulatory Affairs, International Trade, and Communications Sampoerna yakni Elvira Llianita menyebutkan bahwa kenaikan harga secara dratis ataupun kenaikan cukai secara eksesif ini bukan merupakan langkah yang bijaksana.

Elvira menilai bahwa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menaikkan cukai rokok ini adalah semua mata rantai industri tembakau. Mata rantai industri tembakau ini seperti petani, pabrik, pedagang hingga ke konsumen.

Dia merasa yakin bahwa dengan naiknya cukai yang terlalu tinggi ini juga akan mendorong naikknya harga rokok menjadi lebih mahal. Hal ni dinilai tidak sesuai dengan daya beli masyarakat. Eliira mengatakan bahwa kenaikan cukai rokok ini juga harus mempertimbangkan akan kondisi industri dan juga daya beli masyarakat pada saat ini.

Harga Rokok

Pada sebelumnya pemerintah mengaku bahwa pihaknya telah mendengarakan usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50.000 per bungkus. Oleh sebab itu, penyesuaian tarif cukai rokok sebagai salah satu instrumen harga rokok akan dikaji.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara ketika  berada di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta pada hari Rabu 17 Agustus 2016 mengatakan bahwa cukai rokok hingga saat ini masih didiskusikan lagi. Namun pada setiap tahunnya tarif cukai rokok memang mengalami penyesuaian.

Selama ini harga rokok di indonesia masih berada di harga Rp 20.000. Hal ini dinilai telah menjadi penyebab tingginya jumlah perokok di Indonesia. Dengan harga yang terjangkau tersebut, tentu saja para orang tidak mampu bahkan anak-anak bisa dengan mudah menikamati rokok.

Ketua DPR yakni Ade Komarudin menyatakan bahwa dirinya setuju akan wacana kenaikan harga rokok tersebut hingga Rp 50.000 per  bungkus. Dirinya merasa yakin bahwa dengan kenaikan harga rokok tersebut akan mengurangi jumlah perokok aktif di Indonesia. Menurutnya, rokok adalah musung bangsa yang sudah disadari oleh semua orang.

baca juga :

Berita Hari Ini : Ketua DPR Setuju Dengan Wacana Kenaikan Harga Rokok Capai Rp 50.000 Per Bungkus !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here