Berita Hari Ini : Mulai Tanggal 30 Agustus, Langgar Sistem Ganjil Genap Siap Siap Kena Denda Rp 500 Ribu !

0
1615
sistem ganjil genap

Berita Hari Ini : Mulai Tanggal 30 Agustus, Langgar Sistem Ganjil Genap Siap Siap Kena Denda Rp 500 Ribu !

Indowarta.com- Mengenai sistem ganjil genap ini, pasti sudah tahu semua. Namun untuk yang belum tahu, sistem ganjil genap ini adalah tentang pembatasan kendaraan bermotor roda empat yang diterapkap di jalan protokol dengan sistem pelat nomor ganjil dan genap.

Sebenarnya sudah sejak lama dulu uji coba sistem ganjil genap ini sudah dilakukan yakni pada tanggal 27 Juli 2016 hingga 29 Agustus 2016. Namun karena masih dalam tahap uji coba, para petugas polisi yang bertugas tidak akan memberikan denda bagi pengedara yang melanggar.

Setelah ini tepatnya pada tanggal 30 Agustus 2016, para pengendara yang melanggar sistem ganjil akan diberikan sanksi oleh petugas polisi. sanksi tersebut adalah berupa denda. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan “Nanti pas 30 Agustus akan dilakukan penegakan hukum, dengan denda maksimal kurungan dua bulan atau denda Rp 500 ribu,”.

sistem ganjil genap

Jadi, untuk kamu yang berencana akan mengakali sistema ganjil genap dengan cara menggunakan plat nomor palsu sebaiknya jangan pernah melakukan hal tersebut. Hal ini karena Gubernur DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa dengan nama Ahok ini sudah menegaskan bahwa perilaku memalsukan pelat nomor ini akan bisa dijerat dengan hukum pidana.

Ahok mengatakan “Kalau kamu pakai pelat yang hari ini ganjil, terus masuk (tanggal genap), kita masih maafkan sebetulnya. Kalau ketangkap juga masih denda doang, masih wajar. Tapi kamu kalau palsuin, sudah pidana. Kami tidak akan maafkan karena ini untuk shock therapy,”.

Sementara itu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mencatat bahwa terjadi penurunan jumlah tindakan teguran terhadap pelanggaran di kawasan sistem genap ganjil. Hal ini telah menunjukkan bahwa para pengedara kini sudah mulai memahami dan juga menaati sistema pembatasan kendaraan yang akan diterapkan pada tanggal 30 Agustus 2016 nantinya. Dengan berlakukan sistem ini, diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

baca juga :

Berita Hari Ini : Berikut Lokasi Penerapan Sistem Pelat Nomor Ganjil – Genap Di Jakarta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here