Harga Rokok Di Indonesia Sudah Lebih Mahal Sebenarnya Dibandingkan Negara Lain !

0
1429
harga rokok

Harga Rokok Di Indonesia Sudah Lebih Mahal Sebenarnya Dibandingkan Negara Lain !

Indowarta.com– Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan yakni Heru Pembudi mengatakan bahwa harga rokok yang diperdagangkan di Indonesia kini justru terbilang mahal apabila diperbandingkan dengan negara yang lain termasuk negara maju. Nilai ini telah dibandingkan melalui rasio antara harga dengan produk domestik bruto (PDB per kapita.

Heru mengatakan bahwa secara nominal harga jual rokok di Indonesia memang masih terbilang rendah apabila dibandingkan dengan negara seperti Singapura ataupun Jepang. Namun apabila harga ini dibandingkan dengan daya beli masyarakat Indonesia, maka harga rokok justru masih lebih mahal.

Heru mengatakan Jika dibandingkan dengan relatif terhadap PDB Indonesia per kapita per hari, maka sebenarnya harga jual satu batang rokok di Indonesia itu sudah termasuk tinggi. Karena harga pasti harus relatif dibandingkan dengan kemampuan daya beli masyarakat dan itu merupakan kemampuan dari PDB kita.

harga rokok

Menurut Heru, apabila dilihat dari statistik, tingkat konsumsi rokok terhadap PDB per kapita di Indonesia kini sudah berada di angka 0,8 persen. Sementara itu apabila dilihat dari negara lain seperti Jepang, angka ini justru lebih rendah yakni sebesar 0,2 persen. Hal ini berarti harga rokok di Indonesia sudah termasuk mahal dengan daya beli masyarakat yang rendah.

Heru mengatakan bahwa apabila dibandingkan dengan negara-negara maju, nominalnya harga rokok Indonesia memang lebih murah. Namun yang perlu diingat adalah semua itu dikendallikan juga dari daya belinya juga.

Heru juga menegaskan bahwa hingga saat ini pemerintah juga masih belum memutuskan untuk menetapkan harga kenaikan cukai serta harga jual eceran. Hal ini sekaligus mematahkan berita yang beredar yang menyebutkan bahwa harga rokok per bungkus yang kini mencapai hingga Rp 50 ribu per bungkus.

Sementara itu, kenaikan harga rokok ini seyogyanya juga harus dilihat dari semua aspek perindustrian rokok seperti petani tembakau, pabrik rokok, distributor, penjual eceran sampai konsumen. Tentunya kebijakan ini juga akan menimbulkan dampak yang positif dan juga negatif.

baca juga :

Berita Hari Ini : Ketua DPR Setuju Dengan Wacana Kenaikan Harga Rokok Capai Rp 50.000 Per Bungkus !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here